Jadi Sorotan DPRD Sidoarjo

Pihak Ketiga Hengkang? Proyek ‘Kepuh Kiriman Plaza’ Mangkrak

Kondisi bangunan pusat perbelanjaan "Kepuh Kiriman Plaza" yang terlihat mangkrak, sejak akhir Desember 2013 silam hingga sekarang ini. (Foto istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Enam tahun bangunan pusat perbelanjaan "Kepuh Kiriman Plaza" berlokasi di Desa Kepuh Kiriman, Kecamatan Waru yang diresmikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah pada 31 Maret 2012 itu, kondisinya masih mangkrak, sejak pihak ketiga yang mengelola pusat perbelanjaan itu hengkang akhir Desember 2013 silam hingga sekarang.

Tampaknya, meski pusat perbelanjaan yang dikelola pihak ketiga dengan sistim BOT (build operation transfer) senilai miliaran rupiah tersebut, kerapkali mendapat sorotan anggota DPRD Sidoarjo, karena mendengar keluhan sebagian user yang sudah terlanjur membayar uang muka, bahkan ada pula yang melunasinya, namun pihak eksekutif tetap tak bergeming.

Dikutip dari sejumlah sumber, setahun lalu, anggota legislatif dari Komisi B, melakukan hearing (dengar pendapat) dengan pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, memberikan jawaban, bila pelaksanaan kegiatan konstruksi pusat perbelanjaan itu akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

Kemudian, saat sidang paripurna bahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) 2018 Bupati Sidoarjo, digelar awal Juli 2019 ini, juga sempat disinggung kelanjutan kegiatan konstruksi pusat perbelanjaan yang tak kunjung direalisasikan itu. Padahal, setahun sebelumnya, pejabat terkait mengatakan, ada persero baru yang bakal melanjutkan pembangunan pusat perbelanjaan tersebut.

Sementara itu, ketika Akuratnews.com mengkonfirmasikan pada Kepala Bidang Pasar Rakyat Disperindag Sidoarjo, H. Nawari, ia membenarkan bila mangkraknya bangunan "Kepuh Kiriman Plaza" itu dipersoalkan anggota dewan belum lama ini.

"Ya benar, dewan pertanyakan bangunan pusat perbelanjaan di Kepuh kiriman yang mangkrak tersebut. Kami juga menyayangkan sikap investor. Entah, kapan bangunan itu diteruskan pengerjaannya. Tapi, intinya, tetap akan dilanjutkan pembangunannya," Tandas dia usai makan soto yang biasa mangkal selatan markas Polresta Sidoarjo, Jumat (12/7/2019).

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga