Presiden Jokowi Diberikan Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara

Riau, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo mendatangi Balai Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) pada pagi ini, Sabtu (15/12/2018) untuk menerima gelar kehormatan dari LAMR.

Berdasarkan pantauan, Presiden datang ke Balai LAMR bersama Ibu Negara, Iriana. Di lokasi, sudah menunggu pengurus LAMR, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavia, Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dalam acara ini, Presiden akan menerima gelar Datuk Seri Setia Amanah. "(Gelar ini) mudah-mudahan dapat membawa berkah dan hikmah," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Syahril Abu Bakar di depan hadirin.

Baca juga: Jokowi Terima Gelar Raja Balak Mangkunegara dari Suku Komering

Presiden Jokowi diberi gelar kehormatan adat ini karena sejumlah alasan seperti berkurangnya asap di Riau, pengaturan pengelolaan kebun sawit sampai pengelolaan blok minyak Rokan yang selama ini dikuasai oleh perusahaan asing.

Soal asap, Syahril mengatakan selama 17 tahun lamanya masyarakat Riau terpapar asap. Seperti diketahui, asap adalah salah satu masalah besar di Riau karena pembakaran lahan.

Syahril mengapresiasi langkah Presiden yang menugaskan aparat negara untuk menanggulangi asap ini.

"Alhamdulillah asap sudah tidak datang lagi di negeri ini 3 tahun ini," kata Syahril yang menyatakan gelar tersebut sebagai "ungkapan budi" dan ucapan terima kasih kepada Presiden yang memimpin Indonesia. (Wan)

Penulis:

Baca Juga