Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas HIPMI ke-XVI

Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia (tengah), didampingi jajaran pengurus pusat HIPMI.

Jakarta, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka Musyawarah Nasional (Munas) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP HIPMI) XVI 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Pukul 09.00 WIB, Senin (16/09/2019).

“Insyaallah, Munas akan dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi. Semoga lancar dan tak ada aral melintang. Ini sebuah kehormatan bagi segenap anggota HIPMI, sebab Munas terakhir dipenghujung kepengurusan ini kembali akan dibuka oleh Bapak Presiden,” kata Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia didampingi Panitia Pengarah Anggawira, dan Ketua Panitia Pelaksana Munas Umar Lessy pada Konferensi Pers di Jakarta, Kamis (12/09/2019).

Bahlil mengatakan, pembukaan nanti merupakan yang kedelapan kalinya Presiden Jokowi menghadiri agenda-agenda penting BPP HIPMI, termasuk menerima HIPMI di Istana Merdeka, Jakarta.

Munas HIPMI kali ini mengusung tema 'Melanjutkan Peran HIPMI sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi Berkeadilan'. 2500 orang dari pengurus kota/kabupaten seluruh Indonesia, senior hingga kepala daerah direncanakan hadir dalam Munas ke-XVI ini.

"Munas kali ini sangat strategis mengingat kepengurusan HIPMI sejak 2015 akan segera berakhir. Sebab itu, agenda utama Munas ini menggelar pemilihan Ketua Umum BPP HIPMI periode berikut," tuturnya.

Ia mengungkapkan, saat ini terdapat tiga kandidat calon Ketua Umum yakni Bagas Adhadirgha (Ketua Bidang Luar Negeri dan Pariwisata BPP HIPMI), Ajib Hamdani (Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI), Mardani H Maming (mantan Bupati Tanah Bumbu dan Ketua APKASI).

"Para kandidat ini telah menjalani tahapan-tahapan penjaringan serta persyaratan lainnya sehingga layak untuk bertarung di Pemilihan Nasional Ketua Umum BPP HIPMI periode berikut," ujarnya.

Pengusaha Papua ini mengatakan, Munas HIPMI Ke-XVI merupakan amanat organisasi yang tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga Pasal 12 tentang Musyawarah Nasional. Terdapat tujuh agenda utama Munas yaitu: Pertama, mengubah dan menyempurnakan AD/ART. Kedua, menetapkan program umum organisasi.

"Ketiga, menilai dan menetapkan laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Pusat selama masa baktinya. Keempat, memilih dan menetapkan Ketua Umum/Formatur Badan Pengurus Pusat beserta Lembaga Kelengkapan Organisasi tingkat Nasional," ucapnya.

"Kelima, menyusun Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Organisasi untuk satu masa bakti. Keenam, mengembangkan organisasi, Terakhir, menetapkan keputusan-keputusan lain yang diperlukan," sambungnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pengarah Anggawira mengatakan, Munas akan digelar 15-18 September 2019 yang akan berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh para peserta Munas.

Ia mengungkapkan, Munas akan diisi berbagai kegiatan lainnya diantaranya Business Matching, Forum Dialog Ekonomi dan Bisnis untuk membedah dua topik yaitu pertama, membahas tentang Grand Tema Munas HIPMI ke-XVI 'Melanjutkan Peran HIPMI sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan'.

"Panitia akan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (pengusaha sekaligus senior HIPMI), Erick Thohir, Ketua Kadin yang juga senior HIPMI, Rosan P. Roeslani dan Anggota DPR-RI Maruarar Sirait," tukasnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor: Redaksi

Baca Juga