Sah! Shin Tae-yong Tukangi Timnas Indonesia

Bogor, Akuratnews.com - PSSI resmi memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Garuda. Empat tahun ke depan, mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini akan menukangi skuad Garuda.

Pengumuman itu disampaikannya di ruang media Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, usai pelatih asal Korea Selatan itu menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi empat tahun, Sabtu (28/12).

Penandatanganan kontrak dilakukan dihadapan Ketua PSSI M Iriawan, Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha.

Dalam pendandatanganan kontrak itu, Shin Tae-yong mendapat souvenir jersey Timnas Indonesia dengan nomor punggung 1 bernama dengan nama punggung Shin Tae-yong.

Jersey diberikan langsung Ketua PSSI M Iriawan. Selain jersey, PSSI juga memberikan jaket Timnas Indonesia kepada mantan pelatih Seongnam FC tersebut.

"Shin bakal menjadi pelatih Timnas Senior. Dia bakal menjalankan program atau proyek jangka panjang dengan durasi empat tahun. Pelatih asal Korea Selatan ini dipilih oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari departemen teknik serta sejumlah pelatih," kata Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan, tentunya publik bertanya mengapa PSSI menjatuhkan pilihan kursi pelatih pada Shin Tae Yong.

Dijelaskannya, PSSI telah melakukan pertemuan sebanyak dua kali dengan dia dan selama pertemuan itu ia menjelaskan mengenai teknis strategi yang sangat mendetail.

"Tentunya PSSI ingin membangun Timnas yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan, namun terukur dengan program kepelatihan yang disusun oleh tim pelatih. Jadi dia tidak akan bekerja sendiri (asisten akan membawa dari Korsel)," ujar Iwan Bule.

Untuk target, Shin ditargetkan membawa Garuda juara Piala AFF 2020 dan lolos grup Piala Dunia U-20 2021.

"Untuk timnas senior, yang paling dekat adalah tampil baik di sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selanjutnya, ada Piala AFF 2020, kami minta ke Shin untuk menjadi juara," kata Iriawan.

"Kemudian, Shin Tae-yong juga akan diperbantukan untuk timnas U-20 tampil di Piala Dunia 2021," imbuhnya.

Terkait target yang diberikan PSSI, Shin Tae-yong yakin bisa memenuhinya.

"Saya terima tantangan ini meskipun Timnas Indonesia kalah lima kali (Kualifikasi Piala Dunia 2022). Masih ada harapan," kata Shin Tae-yong.

"Di tahun 2021 ada Piala Dunia, saya juga akan maksimal membawa Timnas U-22 lolos grup. Saya meminta dukungan dari masyarakat Indonesia agar target ini bisa tercapai," ujar pelatih asal korea selatan itu.Shin.

Walau di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia sudah dipastikan tersingkir karena kalah lima kali. Namun, Indonesia masih menyisakan tiga laga sisa, yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Terdekat, Thailand akan menjadi lawan Indonesia pada akhir Maret 2020 mendatang. Setelah itu, Indonesia akan menghadapi UEA juga di bulan Maret dan Vietnam di awal Juni.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga