oleh

Serapan Anggaran DPUPR Depok Minim

Depok, Akuratnews.com – Realisasi Serapan anggaran belanja langsung Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Jawa Barat, baru capai 10,27 persen dari nilai anggaran sebesar Rp.430.524 miliar.

“Sampai dengan 31 Agustus, angka serapan anggaran belanja langsung dan tidak langsung sebesar 12,03 persen. 10,27 persen diantaranya merupakan anggaran belanja langsung,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan DPUPR Depok, Fajarullah, Jumat,(21/9/2018).

Menurutnya, serapan itu dari total nilai anggaran belanja langsung sebesar Rp. 430.254 miliar. Sebesar Rp.13.065 miliar merupakan belanja tidak langsung.

Diakui Fajarullah, pada bulan yang sama tahun 2017 lalu nilai serapan untuk anggaran belanja langsung jumlahnya memang masih lebih besar dari tahun sekarang.

“Capaian realisasi laporan anggaran bulan Agustus tahun lalu jumlahnya memang masih lebih besar. Jumlahnya sekitar lebih dari 20 persen untuk serapan anggaran belanja langsungnya,” ujarnya.

Menurutnya, sampai dengan pertengahan September 2018, pihaknya mengaku telah tangani sekitar 400 berkas tagihan pekerjaan proyek drainase dan jalan di DPUPR. “Sampai saat ini sekitar 400 berkas sudah Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D),” terang Fajarullah di ruang kerjanya.

Minimnya serapan, lanjut Fajar, bisa karena adanya pergeseran anggaran dan adanya kesalahan diberkas penagihan proyek. Diketahui juga waktu gelaran kegiatan juga baru jalan dipertengahan tahun ini.

Kesempatan lain, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) DPUPR Depok, Dea Akhmadin mengatakan pihaknya telah realisasikan sekitar 280 kegiatan proyek drainase dan jalan. Sekitar pertengahan Mei 2018 lalu tahab I mulai digelar.

“Dari jumlah itu, 130 kegiatan diantaranya secara fisik telah selesai di tahab I dan II. Sekitar 86 kegiatan diantaranya, berkas atministrasi tagihan proyeknya sudah selesai,” papar Dea menjelaskan.

Dari tiga UPT yang ada pada DPUPR Depok, dua UPT diantaranya telah menggelar sekitar 578 kegiatan proyek pembangunan jalan dan drainase. 298 kegiatan diantaranya telah digelar pihak UPT III. (Eko)

Komentar

News Feed