Survei WRC : Airlangga Hartanto Menang Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Iriana Jokowi Jadi Calon Wanita Terkuat

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

AKURATNEWS - Hasil survei Lembaga Survei Warna Reseach Center (WRC), menempatkan Airlangga Hartanto, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sebagai tiga calon Presiden paling kuat untuk menggantikan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 medatang.

Dalam paparannya pada survei yang dilaksanakan pada 19 Maret - 4 April 2022, Direktur Eksekutif WRC, Rinjani Dwi menjelaskan, saat ditanya dengan menggunakan kuisioner secara tertutup, Airlangga Hartanto menempati urutan teratas mencapai 20,2 persen karena kesuksesan program pemulihan ekonomi nasional (KPCPEN) dan pencegahan penyebaran covid-19 di setiap daerah. Menko perekonomian tersebut dianggap publik berhasil dari sisi penanganan pandemi covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Sedangkan dari sisi ekonomi, beragam kebijakan dan strategi yang dikerjakan Airlangga berhasil membawa ekonomi Indonesia tumbuh dan berhasil mengeluarkan Indonesia dari krisis ekonomi akibat covid . Selain itu partai Golkar dengan bulat juga telah menetapkan Airlangga sebagai calon tunggal partai berlambang pohon beringin tersebut" Ujar Rinjani dalam keterangannya Selasa 26 April 2022.

Kemudian elektabilitas Prabowo Subianto, menempati posisi kedua dengan 15,8 persen. Menurutnya hal ini karena adanya loyalitas publik terhadap Prabowo Subianto yang tidak sibuk dengan pencitraan. Di posisi ke tiga ada Ganjar Pranowo dengan angka 8,5 persen.

Rinjani menerangkan, dari ketiga tokoh tersebut dengan tingkat keterpilihan tinggi jika pemilu diadakan hari ini, ada temuan survei yang cukup mencengangkan dengan munculnya nama Ibu Negara atau istri Presiden Joko Widodo, yakni Iriana Jokowi menjadi satu-satunya calon wanita terkuat menempati posisi keempat mencapai 6,2 persen responden.

"Hal ini menunjukan jika publik menginginkan Iriana Jokowi maju di Pilpres 2024 untuk menentukan kepemimpinan Jokowi, ini juga bisa merubah peta kekuatan pilores 2024, begitu juga yang menjadikan Iriana Jokowi sebagai cawapresnya, diapstikan akan menang dengan mudah," ungkapnya.

Ia menambahkan, selanjutnya nama Dudung Abdurahman juga masuk dalam perhatian publik yang menempati posisi keenam 4,8 persen setelah Gatot Normantio yang mencapai 5,10 persen.

"Dudung abdurahman bisa menjadi kuda hitam, sang inisiator pembubaran FPI ini mempunyai dukungan tersendiri di masyarakat jika mendapat dukungan partai politik," tandasnya.

Untuk diketahui Lembaga Survei Warna Reseach Center (WRC) melaksanakan survei tersebut pada 19 Maret - 4 April 2022 dengan mètode multistage random sampling.

Survei ini melibatkan 2426 responden dari populasi 194.663.400 penduduk baik laki-laki maupun perempuan berusia antara 15-69 tahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021 yang diwawancarai secara personal di 34 provinsi. Margin of error surveinya 1,99 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.***

Penulis: Kemal Maulana
Editor: Ahyar

Baca Juga