Terjebak Badai, Pendaki Ukraina Tewas di Mount Blanc

Jakarta, Akuratnews.com - Seorang pendaki asal Ukraina ditemukan tewas di Mont Blanc pada Sabtu (19/8) waktu setempat, sehari setelah berangkat mendaki puncak tertinggi Eropa barat itu, ungkap regu penyelamat.

Pendaki berusia 42 tahun tersebut terjebak dalam sebuah badai semalam di gunung yang mempunyai ketinggian 4.810 meter dari permukaan laut (mdpl) itu.

Pendaki itu sudah memberi tahu regu penyelamat bahwa dia dalam masalah, tetapi mereka tidak dapat menolongnya karena kondisi cuaca buruk.

"Dia tersesat, jadi dia mengirim sebuah sinyal sekitar pukul 10.00," kata pasukan unit gunung di dekat Chamonix.

"Namun, mustahil untuk memulai operasi penyelamatan karena gunung berada di tengah badai besar," tambah pasukan itu, dengan alasan jarak pandang yang buruk.

Cuaca sudah cukup membaik pada Sabtu pagi untuk memungkinkan sebuah helikopter penyelamat mencari pria itu, yang jenazahnya ditemukan di ketinggian 4.000 meter.

Sebelumnya ada serangkaian kecelakaan fatal di gunung tersebut pada bulan lalu, dengan para pendaki dari Prancis, Republik Ceko dan Korea Selatan juga tewas saat mencoba menaklukkan Mont Blanc.

Sementara, pencarian pendaki asal Jepang yang hilang juga diakhiri pekan lalu, demikian AFP. (Farhan)

Penulis:

Baca Juga