Beranda Nasional Ketua Komisi IX DPR RI Apresiasi Langkah Menteri Tenaga Kerja H. Hanif...

Ketua Komisi IX DPR RI Apresiasi Langkah Menteri Tenaga Kerja H. Hanif Dakhiri

144
0
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Akuratnews.com – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengapresiasi langkah Menteri Tenaga Kerja H. Hanif Dakhiri melakukan inspeksi mendadak dan membentak-bentak tenaga kerja asing ilegal di PT Huaxing, Bogor, Cileungsi, Jawa Barat. Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menilai tindakan yang dilakukan Menaker Hanif itu wajar-wajar saja.

“Soal bentak-bentak memang itu masalah bawaan karakter. Tapi TKA asing itu juga kurang sopan dan sembarangan dalam menjawab Menteri. Jadi wajar kalau menteri lepas kendali,” kata Dede Yusuf di Jakarta Selatan, Jumat (30/12/16).

Politikus Partai Demokrat ini ini juga mengapresiasi tindakan Menaker Hanif dalam menyidak sendiri TKA Ilegal. Walau demikian, Dede mengimbau, ke depan untuk sidak TKA ilegal, Menaker bisa mengutus tim dari Kementerian.

“Saya apresiasi gerakan Sidak, itu menunjukkan bahwa keresahan masyarakat benar-benar terjadi. Mudah mudahan ke depan pak Menteri lebih bisa menugaskan timnya saja untuk melaksanakan Sidak tersebut,” dia mengimbau.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri melakukan Sidak ke PT Huaxing, yang berlokasi di Jalan Narogong KM 20, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Sidak di perusahaan yang bergerak di bidang peleburan baja ini Menaker menemukan 18 TKA asal Tiongkok yang terindikasi melakukan pelanggaran izin kerja alias ilegal.

Pelanggaran izin yang dimaksud antara lain bekerja tidak sesuai dengan jabatannya, misalnya teknisi listrik tapi menjadi marketing. Ada juga pelanggaran lokasi kerja seperti izinnya di Tangerang ternyata bekerja di Bogor.

Dari hasil pemeriksaan lantas diketahui, sesuai dengan pelanggarannya, apakah TKA tersebut akan dibina, didenda, atau dideportasi. Rata-rata, TKA Tiongkok tersebut sudah bekerja selama dua bulan hingga satu tahun. (Maria)

alterntif text

LEAVE A REPLY