oleh

Launching MTQ Nasional ke XXVII Sumut Thn 2018 di Santika Dyandra Hotel Medan

Medan, Akuratnews.com – Launching MTQ Nasional ke XXVII digelar di Santika Dyandra Hotel, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (12/7/2018).

Dirjen Bina Agama Islam Kemenag RI Prof Dr H.M.Amin, MAg dalam sambutannya sangat mengapresiasi Panitia pelaksana MTQ XXVII Provsu khususnya kepada Pj Gubsu Eko Subowo yang telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk penyelenggaraan MTQ Nasional ke XXVII ini.

Amin menyebutkan, MTQ Nasional XXVII di Medan Sumatera Utara ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pd 4 Oktober 2018 mendatang. Untuk itu dia berharap persiapan harus sungguh sungguh dari Panitia pelaksana dan pemprovsu agar MTQ XXVII berjalan sukses.

Dijelaskannya peserta MTQN XXVII Tahun 2018 ini sebanyak 1.873 peserta dari 34 provinsi se Indonesia. dan setelah diverifikasi 36 peserta dinyatakan gugur. Sedangkan yang akan dipertandingkan 7 cabang dan 8 golongan perlombaan.

Untuk MTQ Nasional XXVIII tahun 2020, lanjutnya, saat ini sudah ada 4 provinsi bersaing yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Riau, dan Sumatera Barat, jelasnya.
Dijelaskannya pendaftaran peserta MTQ dilakukan melalui e-MTQ.

Mengakhiri sambutannya, Muhammad Amin mennyampaikan beberapa point penting dalam pelaksanaan MTQN XXVII antara lain mari ciptakan koordinasi dan komunikasi antara panitia dengan ppusat. Banyak titik lokasi yang harus dipersiapkan dengan baik untuk melancarkan pelaksanaan dilapangan.

Selanjutnya agar Anggaran harus transparan akuntabel tepat guna serta tepat sasaran. Terakhir agar setiap daerah harus dapat membina qori dan qoriah daerahnya dengan baik.
Amin bergarap dengan diselenggarakannya MTQN XXVII ini dapat mengangkat harkat dan syiar Islam.
” Satu kebanggaan bagi masyarakat Sumut karena telah dioercaya oleh pemerintah pusat untuk menyelenggarakan kegiatan besar berskala nasional ini” ungkapnya.

Sementara itu Pj Gubsu Eko Subowo dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan apresiasi yg tinggi kepada para Panitia daerah dan para Kepala Daerah se Indonesia yang telah hadir dalam launching MTQN XXVII di Provinsi Sumatera Utara ini.

Eko juga mngatakan Launching merupakan pemberitahuan kepada masyarakat bahwa akan diselenggarakan kegiatan MTQ Nasional XXVII di Sumatera Utara. Sehingga masyarakat dapat memberi dukungannya secara penuh. Kemudian memberi gambaran kondisi medan yang sesungguhnya termasuk fasilitas akomodasi yang tersedia.

“Ditunjuknya provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah oleh pemerintah merupakan suatu penghargaan bagi Sumut dalam ikut mewujudkan masyarakat yang maju sejahtera, juga sebagai syiar agama dan hubungan antar agama yang harmonis dan penuh toleransi ” ujar Eko Subowo.

Ditambahkannya, MTQN XXVII di provinsi Sumatera Utara ini akan dilaksanakan kegiatannya di kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

“Pemprov Sumut telah menyiapkan sarana dan fasilitas, dan lokasi yakni di gedung serbaguna Pemprovsu di Jalan Pancing Medan. Masyarakat Sumut sudah siap untuk melaksanakan kegiatan akbar ini “ujar Eko.

Pemprovsu akan memperhatikan dan mempedomani apa yang diharapkan oleh Kementerian Agama yakni Koordinasi dan komunikasi antara panitia pusat dan daerah.

“Kita berharap agar MTQN XXVII ini berjalan aman, tertib dan lancar,” pungkas Pj Gubsu Eko Subowo.

Hadir selain Pj Gubsu, Eko Subowo, Dirjen Binmas Kemenag RI, Prof Muhammad Amin MAg, hadir para Ketua LPMTQN seluruh Indonesia, Kakanwil Kemenag se Indonesia, para Kepala Daerah, para Muspika, para OPD Provsu, para alim ulama dan tokoh madyarakat. Acara launching diakhiri dengan penekanan tombol sirena bahwa MTQN XXVII Tahun 2018 siap untuk diselenggarakan. (HSP)

Komentar

News Feed