Beranda Wisata Masyarakat Minta Perhatian Pemerintah Soal Jalan Menuju Situs Batu Kujang

Masyarakat Minta Perhatian Pemerintah Soal Jalan Menuju Situs Batu Kujang

232
0
BERBAGI
Jalan menuju ke lokasi Situs Batu Kujang
alterntif text

Sukabumi, Akuratnews.com – Situs Batu Kujang atau Batu Jolang adalah situs cagar Budaya yang berada di Daerah Desa Cisaat Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, sebagai sebuah sejarah masa lampau situs ini agaknya membutuhkan perhatian dari pihak berwenang.

Jalan yang menuju situs batu kujang atau batu jolang ini sering di gunakan oleh para peziarah yang datang siang dan malam, namun cukup di sayangkan jalan yang menuju ke tempat situs tersebut cukup memprihatinkan belum ada sentuhan atau perhatian dari pemerintah sekitar.

Menurut Wawan solih, salah satu juru kunci situs batu kujang mengatakan, situs ini banyak dikunjungi oleh masyarakat bahkan sampai ada yang menginap disitus tersebut.

“Perhatian pemerintah, baik pusat maupun daerah, masih sangat minim, ini dilihat dengan sulitnya akses jalan menuju lokasi situs.” ujar Wawan kepada Akuratnews.com Kamis, (17/08/17) kemarin.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Akuratnews.com, untuk menuju lokasi, harus melalui jalan tanah, yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda dua. Saat hujan turun atau musim hujan tiba, pengendara dipastikan akan sangat kesulitan mengendalikan kendaraannya tersebut akibat jalan licin berlumpur.

Sementara itu, Yulia, salah satu peziarah yang ditemui Akuratnews.com mengharapkan adanya perbaikan jalan yang menuju ke lokasi situs tersebut.

“Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk bisa memperbaiki jalan yang menuju ke lokasi situs” katanya.

Menurut dia, kendati tanggung jawab pelestarian situs ini ada di Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai pemegang otoritas di daerah, Pemkab Sukabumi tidak bisa lepas tangan. Apalagi situs ini sebagai situs kebanggan masyarakat Sukabumi.

“Hal ini sangat disayangkan. Padahal Pemkab Sukabumi tahu, situs purba ini sangat penting artinya. Harusnya keberadaan situs-situs purba ini mendapatkan perhatian besar, karena merupakan simbol kejayaan bangsa pada masa silam,” pungkasnya. (Manggala)

alterntif text

LEAVE A REPLY