oleh

Menuju Pilpres 2019, Ketua DPR RI: Konsolidasi Parpol Wujudkan Suasana Kondusif

Jakarta, Akuratnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup pendaftaran bakal calon Presiden (Capres) dan calon wakil Presiden (Cawapres), Jumat (10/8/2018) lalu. Proses pendaftaran Capres-Cawapres inipun sempat menyita perhatian berbagai pihak, pasalnya hingga H-1 penutupan pendaftaran, masih belum ada pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU.

Sama halnya dengan Pilpres 2014 silam, posisi Presiden dan wakil Presiden di Pilpres 2019 masih akan diperebutkan oleh dua kandidat yang sama, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Menuju pesta demokrasi Pilpres 2019 tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo berharap semua kekuatan politik mau menahan diri serta membantu pemerintah dan masyarakat mewujudkan suasana kondusif. Sudah sepatutnya perang pernyataan, saling ejek dan saling sindir yang mewarnai proses pembentukan koalisi partai dan penyaringan calon wakil Presiden diakhiri.

“Dua pasangan kandidat Capres-Cawapres sudah final, sehingga tak perlu lagi diperdebatkan. Kini waktunya bagi masing-masing koalisi partai pendukung Capres-Cawapres untuk melakukan konsolidasi”, ujar Bambang di Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Bambang juga menambahkan, Selain tidak produktif, perang pernyataan itu hanya menimbulkan kebisingan di ruang publik. Maka dari itu, kondusifitas sangat bergantung pada perilaku masing-masing kubu Capres-Cawapres yang sebaiknya mempersiapkan kampanya pemilihan Presiden.

Ia mencontohkan kegiatan yang dapat dilakukan berupa pemetaan basis suara, membaca kekuatan lawan, membentuk tim pemenangan, menyusun program-program yang dapat ditawarkan hingga menghitung logistik yang dibutuhkan.

“Dengan begitu, tensi politik di dalam negeri semestinya bisa dibuat lebih tenang”, tutup Bambang. (Rhm)

Komentar

News Feed