6 Proyek Tahun Lalu Ditarget Rampung Akhir Januari 2019

Depok, Akuratnews.com- Sebanyak enam dari 42 jumlah proyek pembangunan yang dianggarkan di Dinas Perumahan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok tahun 2018 lalu, hingga kini masih lanjut dikerjakan.

Kegiatan proyek pembangunan fasilitas umum tahun anggaran 2018 lalu itu di target akan rampung pada akhir Januari 2019.

"Dari 42 kegiatan yang kami tangani tahun 2018, enam diantaranya kini dalam tahap finishing. Rata-rata progres kerjanya hampir seratus persen. Targetnya rampung akhir Januari ini," kata Kepala Bidang Tata Bangunan Disrumkim, Suwandi, Rabu,(16/01/2019).

Menurutnya, cuaca dan kendala teknis kerja di lapangan jadi faktor pendukung mundurnya waktu penyelesaian kerja proyek. Dirinya mencontohkan jika ada perubahan di lingkup pekerjaan, berarti terjadi perubahan desain pekerjaan.

"Misal, ada item pekerjaan pagar yang awalnya berukuran 100 meter tapi di lapangan harus lebih panjang, akhirnya terjadi perubahan anggaran dan perencanaan kerja,” ujarnya.

Dirinya menyebut, mengacu Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2018, kegiatan itu bisa dilanjutkan pada tahun berikutnya.

Dalam Perpres tersebut juga dituangkan bahwa ada pekerjaan yang dimungkinkan terjadi perubahan yang disebut sebagai addendum atas dasar adanya perubahan pada lingkup pekerjaan.

“Pada pasal 54 dan 56 disebutkan bahwa PPK dapat melanjutkan bilamana ada pekerjaan yang tidak selesai. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bisa melanjutkan ke tahun berikutnya dengan sejumlah kajian-kajian,” tutur Suwandi.

Permendagri nomor 38 tahun 2018 mengatur tata cara pembayaran proyeknya. Dalam aturan tersebut, pihak Pemkot mempunyai kewajiban untuk menyediakan sisa anggaran yang nantinya akan dibayar pada ABT di tahun berikutnya.

"Dalam masa perpanjangan waktu kerjanya pihak pelaksana dikenakan denda seribu per mil tiap satu harinya dari nilai kontrak kerja proyek dan akan dibayarkan pada ABT tahun ini,”pukas Suwandi.

Kesempatan lain, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek Stadion Mahakam, Puspita Dewi Mahardani mengatakan selain Stadion Mahakam, SDN Sukamaju V kini juga masih dalam tahab penyelesaian.

"Progres ke duanya sudah mendekati 100%. Hanya sisa perapihan aja yang masuk masa pemeliharaan. Secara item pekerjaan dikejar sebelum masa pelaksanaan berakhir," kata Puspita, yang menangani 11 kegiatan lelang di tahun 2018 lalu.

Sejumlah proyek pembangunan yang pekerjaan fisiknya masih berlanjut di tahun 2019 yaitu, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun, kantor Polisi Militer, SDN Curug Cimanggis V, SDN Sukamaju V, Puskesmas Ratu Jaya dan Stadion Mahakam. (Eko)

Penulis:

Baca Juga