Agar Tak Menyesal, Bagaimana Memberi Nama Anak Yang Baik

Jakarta, Akuratnews.com - Mengetahui bagaimana memberi nama anak yang baik merupakan hal penting yang harus Anda lakukan sebagai orang tua. Nama anak perempuan dan laki-laki harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Ini akan sangat sulit dan mendebarkan pada saat bersamaan.

Selama hamil, Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menentukan nama bayi laki laki yang tepat untuk diberikan kepada anak Anda nantinya. Anda harus memilih dari daftar nama bayi yang sangat panjang, baik dari teman, keluarga, atau internet.

Nama-nama bayi modern sangat diminati oleh kebanyakan orang tua baru saat ini. Namun sebelumnya, ada aspek penting yang harus Anda perhatikan dalam cara memberikan nama anak yang baik. Tolong dengarkan!

Nama Bayi Unik

Memiliki nama baru dan unik dapat membuat anak Anda menonjol di antara teman-temannya. Selalu menyenangkan merasa "istimewa". Tidak menjadi salah satu dari banyak nama di kelas. Kekurangannya adalah nama yang tidak biasa bisa salah diucapkan atau salah eja oleh banyak orang.

Dan bisa jadi anak akan merasa kesal jika hal ini sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menetapkan nama belakang yang tidak biasa dengan nama depan yang umum digunakan.

Hindari nama-nama yang dilarang Islam

- Hindari nama yang berarti amoralitas atau dosa.

- Jangan menggunakan nama yang memiliki arti untuk perbuatan buruk.

- Tidak menggunakan nama malaikat. Inilah kesalahan yang sering kita temui di masyarakat.

- Jangan beri nama anak dengan nama Syaithon, misalnya Al-Ajda.

- Tetap beri nama anak itu dengan nama penguasa dzalim Firaun dan pengikut setianya.

Nama Bayi Menurut Sunnah Nabi

- Ada banyak nama bayi perempuan islami yang bisa anda gunakan. Misalnya, anak perempuan dapat menggunakan nama istri para nabi dan artinya: Aisyah (feminin dan hidup), Khadijah (amanah), Zainab (cantik), Shofiyah (bersih), Maimunah (agama yang kuat).

- Anak laki-laki dapat menggunakan nama-nama sahabat Nabi, misalnya Umar (berlimpah dan panjang umur), Abdullah (hamba Allah), Kholid (abadi), Jafar (menyenangkan), Hamzah (kuat).

Nama Panggilan Bayi

Pastikan Anda menyukai julukan nama anak Anda. Misalnya, jika Anda menamai anak Anda Irwansyah, maka dia diharapkan dipanggil Irwan. Atau nama Annisa disebut Icha. Pastikan nama yang dipersingkat ini tidak membuat arti yang buruk bagi nama aslinya. Baik orang tua maupun anak-anak akan menyukai julukan ini.

Nama Awal

Setelah mendapatkan konsep nama bayi baru lahir, jangan lupa untuk mengecek inisialnya. Meskipun nama lengkapnya mungkin terdengar cukup bagus, inisialnya bisa memberi arti yang buruk.

Bayangkan ketika anak Anda tumbuh besar dan menyadari bahwa inisial namanya adalah: "NYET", "SAD" atau "BAU" Buatlah keputusan tentang bagaimana memberikan nama yang baik kepada anak Anda agar anak Anda tidak malu nantinya.

Gunakan Nama Pendek

Anda tidak ingin anak Anda menghabiskan 5 menit untuk mengisi nama di kertas ujian suatu hari nanti. Pilih nama yang tepat yang tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Jika nama anak terlalu pendek, dikhawatirkan akan tertukar dengan nama orang lain.

Jika terlalu panjang akan menyulitkan anak untuk menulis dokumen atau berkas penting yang harus diisi, seperti kertas ujian dll. Selain itu, penulisan nama yang mudah dan tidak terlalu panjang akan meminimalkan kesalahan dalam penulisan nama.

Kesimpulan tentang Bagaimana Memberi Nama Anak yang Baik

Nama adalah harapan dan doa. Karena itu, pilihlah dengan bijak dan dewasa. Semua aspek harus diperhatikan dan jangan lupa mendengarkan saran dari orang tua atau teman yang punya pengalaman.

Penulis: Redaksi

Baca Juga