Bekuk Panser Jerman, Dahaga 50 Tahun Tiga Singa Inggris Terlampiaskan

AKURATNEWS - Sejak 1970, Inggris belum pernah unggul lagi jika melawan Jerman. Dan Rabu (30/6) dini hari tadi menjadi pembuktian skuad The Three Lions.  Mereka sukses membungkam Der Panzer Jerman di babak 16 Besar Euro 2020.

Dua gol masing-masing dari Gol Raheem Sterling dan Hary Kane di Stadion Wembley membuat Muller cs harus melupakan trophy juara.

Gol pembuka Inggris dicetak Raheem Sterling di menit 75 usai memanfaatkan umpan akurat Luke Shaw. Pemain sayap Manchester City ini mencatatkan namanya sebagai pemain kedua yang mencetak masing-masing dari tiga gol pertama Inggris di Piala Dunia maupun Piala Eropa, setelah Gary Lineker.

Sedangkan gol Harry Kane di menit 86 membuat kapten The Three Lions ini menyamai rekor gol Wayne Rooney di turnamen besar bersama Inggris dengan torehan tujuh gol. Keane pun berada di urutan ketiga segelah Gary Lineker (10 gol) dan Alan Shearer (9 gol) di Piala Dunia dan Piala Eropa. Kemenangan ini juga terasa istimewa buat pelatih Inggris, Gareth Southgate karena ia mampu menebus kegagalannya saat masih bermain di timnas Inggris 25 tahun silam.

Laga ini berlangsung terbuka sejak menit awal. Beberapa peluang dihasilkan kedua tim meski belum genap 20 menit.

Peluang bagi Inggris datang di menit ke-18. Sepakan Raheem Sterling dari luar kotak penalti masih mampu ditahan kiper Jerman, Manuel Neuer.

Sebelumnya, Jerman mendapat kesempatan dari tendangan bebas hanya beberapa sentimeter dari kotak penalti Inggris. Sayangnya, skenario yang disusun Toni Kroos cs tak berjalan sukses.

Selepas menit 20, Inggris mengambil alih kendali pertandingan. Harry Kane cs lebih banyak mendominasi bola ketimbang Jerman.

Pada menit ke-31, Jerman mendapat peluang emas lewat Timo Werner. Akan tetapi, sepakan striker Chelsea itu sanggup dihalau kiper Inggris, Jordan Pickford.

Jelang turun minum, Inggris mendapat peluang emas lewat Harry Kane. Striker Tottenham Hotspur itu sebetulnya hanya perlu menceploskan bola ke gawang usai mengecoh Neuer.

Namun tekel Mats Hummels membuat gawang Jerman aman hingga babak pertama usai. Skor pun tetap 0-0 untuk Inggris dan Jerman.

Babak kedua tidak berubah jauh dari babak pertama. Inggris lebih dahulu mengambil inisiatif serangan, sementara Jerman mengandalkan serangan balik.

Hingga menit ke-70, belum ada peluang dari kedua tim yang hampir berbuah gol. Inggris baru bisa memecah kebuntuan lewat Raheem Sterling di menit ke-75 setelah menerima umpan Luke Shaw.

Jerman nyaris menyamakan kedudukan di menit 80. Muller yang lolos dari pengawalan mencoba membidik pojok kanan bawah gawang Pickford. Sayangnya, tembakan pemain Bayern Munchen itu melebar.

Inggris justru berhasil menambah keunggulan lewat Harry Kane. Ia luput dari pengawalan dan membobol gawang Neuer di menit 85.

Jerman berusaha keras mencari gol di sisa babak kedua. Namun usaha pasukan Joachim Loew ini selalu gagal. Skor pun tetap 2-0 buat Inggris hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Berkat kemenangan ini, Inggris belum terkalahkan dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi. Skuad Southgate juga mempertajam rekor kemenangan di Wembley menjadi 14 kemenangan dari 16 pertandingan terakhirnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga