Bisa Ngaji di Mana Saja, Ini Kelebihan Al-Qur’an Online

AKURATNEWS - Seperti diketahui, era teknologi yang semakin canggih memberikan banyak kemudahan. Tak hanya dalam hal pembelian makanan hingga barang yang bisa dilakukan secara online, bahkan kini membaca Quran pun kini bisa lewat digital. 

 Ya.. Al-Quran online saat ini sudah mulai populer di kalangan masyarakat muslim. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, membaca Al-Quran hingga tafsir Quran bisa menggunakan smartphone sehingga praktis dan bisa dibuka kapan saja bahkan saat bepergian. 

Al-Quran online sangat cocok bagi seorang muslim yang gemar traveling. Sebab tak perlu menambahkan benda lagi di dalam tas sehingga tak menambah berat. Meski Al-Quran fisik ada yang versi mini, namun ketika sering diletakkan di ruang yang sesak maka lama-lama akan rusak. 

 Al-Quran online masih memiliki banyak sekali keunggulan sebagai berikut: 

  1. Praktis

Kepraktisan Al-Quran online tidak hanya terletak pada fisiknya saja yang bisa download di gadget. Selain hadir dalam bentuk aplikasi, Qur'an online ini bisa diakses melalui situs-situs yang khusus menyediakan surat dan ayat Quran. Jadi ketika tak mau menambah memori pada gadget, bisa memilih opsi dengan mengakses situs tersebut. Bahkan situs maupun aplikasi ini bisa diakses secara gratis. 

  1. Lengkap

Kita sering menjumpai Al-Quran fisik yang hanya menyediakan ayat tanpa terjemahan. Sekalipun ada yang lengkap, harganya cukup mahal. Sementara Al-Quran online, menyediakan tafsir yang lebih lengkap dan akurat. Dalam situs tersebut selain tafsir Quran, lengkap dengan tafsir 30 juz beserta terjemahan yang bisa dipilih oleh pengguna.  

  1. Fleksibel dan Tempat

Sesuai dengan eksistensinya, pengguna bisa menggunakan Al-Quran online ini sesuai pilihan waktu dan tempat yang ditentukan pengguna. Asal ada perangkat dan internet untuk mengaksesnya. 

  1. Dilengkapi Tafsir dalam Dua Varian

Al-Quran online dilengkapi dengan tafsir dalam dua varian, yakni tafsir tahlili atau 30 juz dan tafsir ringkas. Pada aplikasi, terdapat suara murratal Al-Quran dan tulisan bersumber dari Mushaf Attin dengan standar Indonesia. Standar Indonesia sendiri adalah mushaf yang dibakukan sesuai hasil musyawarah kerja ulama ahli Al-Quran pada 1974-1983. Kemudian dijadikan pedoman sesuai Keputusan Menteri Agama. 

  1. Fitur dan Terjemahan dalam Berbagai Bahasa

Situs maupun aplikasi Al-Quran online mempunyai fitur terjemahan ke dalam berbagai bahasa. Dengan begini, jangkauan Al-Quran bisa semakin luas dan mudah dipahami. Setiap aplikasi Al-Quran online menawarkan fitur-fitur yang menarik. Seperti pengingat waktu salat, petunjuk arah kiblat, hingga pelacak masjid terdekat. 

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga