BNN Ungkap Jaringan Narkoba Asal Malaysia

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang kerap menyelundupkan ke daerah Sumatera dan Kalimantan. Dalam pengungkapan itu, sedikitnya 81,8 kilogram sabu serta 102.657 butir ekstasi berhasil disita.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari mengatakan dalam pengungkapan itu, pihaknya turut menangkap sembilan orang tersangka di dua lokasi berbeda.

Pada pengungkapan pertama, delapan orang yang dibekuk yakni berinisial, AR, APS, F, N, ZA, T, H dan AM.

Mereka dibekuk di wilayah Sumatera Utara pada tanggal 2-3 Juli 2019, yang lima tersangka di antaranya diberikan tindakan tegas.

"Barang bukti dan tersangka sudah berhasil melewati perbatasan dan masuk ke kota (di) Sumatera Utara. Kita kejar dan melakukan penangkapan dan penggeledahan pada sebuah mobil, di sana kita temukan narkoba yang disimpan di dalam ban dalam mobil," ucap Arman di gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Tak sampai di situ, pengungkapan kartel narkoba itu pun berlanjut ke wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Dengan berbekal informasi dan keterangan para tersangka yang sebelumnya telah ditangkap, seorang tersangka lainnya berinisial AF dibekuk, pada Sabtu, 20 Juli 2019.

"Pada saat penangkapan 38 kilogram dan satu tersangka (inisial AF), ketika kita melakukan penggeledahan satu orang tersangka lainnya melarikan diri dan kita perkiraan masih ada narkoba yang dibawa yang bersangkutan," kata Arman.

"Saat ini petugas kita sedang melakukan pengejaran dan berusaha menangkap tersangka yang melarikan diri tersebut," sambung Arman.

Sehingga dalam pengungkapan itu, seluruh tersangka yang diamankan sebanyak 9 orang. Akibat perbuatannya, mereka dijerat dengan Pasal 114 Ayat 2 junto Pasal 132 Ayat 1, Pasal 112 Ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga