Dadakan Jadi Presenter TV, Puan Maharani Ternyata Pernah Bekerja Sebagai Wartawan

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani

AKURATNEWS - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani mendadak jadi presenter berita Liputan 6 SCTV, pada Rabu (19/5/2021). Pada kesempatan itu, Puan menyampaikan pentingnya peran media dalam penyebaran informasi secara aktual kepada masyarakat.

"Di negeri rawan bencana seperti Indonesia, kewaspadaan dan penanganan bencana yang tepat dan cepat adalah sebuah keniscayaan. Peran media, seperti Liputan 6 SCTV, menjadi penting untuk menyebarluaskan informasi dari lapangan secara aktual, tajam, dan terpercaya," kata Puan.

Kehadiran Puan hari itu ialah untuk mengapresiasi jurnalis SCTV yang berdedikasi tinggi menjalankan tugasnya, serta turut merayakan Hari Ulang Tahun ke-25 Liputan 6 SCTV. Meski menyandang jabatan sebagai Ketua DPR, Puan membacakan berita dengan luwes dan lantang bak pembawa acara berita profesional.

Kecakapannya bukan tanpa alasan. Sebelum terjun ke dunia politik, lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi ini memang punya pengalaman sebagai wartawan. Puan pernah magang di majalah Forum Keadilan saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia.

Pada posisinya tersebut, Puan mencicipi sepak terjang jurnalisme dalam mencari narasumber berita. Selain itu, dia juga sempat belajar dari sibuknya situasi kantor menjelang majalah akan naik cetak.

Menghargai Pers

Apresiasi Puan Maharani pada rekan media tidak hanya ditunjukkan pada momen tersebut di atas saja. Sebelumnya, dia juga pernah menyampaikan bahwa pers memegang peranan penting sebagai sumber inspirasi untuk bangkit dari Pandemi COVID-19.

"Pers dapat menjalankan peran mengedukasi masyarakat dan menangkal hoaks tentang COVID-19 agar tidak menyesatkan masyarakat. Misalnya, kebohongan-kebohongan tentang vaksinasi. Pers ikut memberikan pemahaman tentang perlunya vaksinasi untuk melawan pandemi,” ujar Puan pada Hari Pers Nasional 2021, yang dilansir oleh dpr.go.id, pada Selasa (09/02/2021).

Puan juga mengatakan bahwa media turut berperan mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan. Hal ini tentunya mendukung agar herd immunity (kekebalan komunal) segera tercapai.

Pada awal masa kepemimpinannya sebagai Ketua DPR RI, Puan juga menunjukkan apresiasinya pada rekan media dengan mengadakan acara ramah tamah dengan Koordinatoriat Wartawan DPR RI, pada 13 Desember 2019. Di kesempatan itu, Puan mengajak rekan jurnalis bersinergi membangun lembaga perwakilan rakyat agar lebih maju.

"Acara ini menjadi upaya untuk mengedepankan komunikasi yang baik antara DPR RI dengan para wartawan yang bertugas di lingkungan DPR RI," ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, yang dikutip dari dpr.go.id, pada Jumat (13/12/2019).

Acara tersebut juga sebagai bentuk keinginan Puan untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan para awak media. Bagaimanapun, pers adalah jendela penyalur informasi dan edukasi bagi publik untuk menyampaikan seluruh perkembangan terkini dari kinerja DPR.***

Penulis: Redaksi

Baca Juga