Perbankan

Danamon Prediksi BI Bakal Pangkas Suku Bunga Acuan

Bank Indonesia
Bank Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memprediksi Bank Indonesia (BI) masih berpotensi untuk memangkas suku bunga acuan miliknya pada semester pertama tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Chief Financial Officer dan Direktur Bank Danamon Satinder Ahluwalia usai mengahadiri paparan kinerja Danamon di Menara Danamon Jakarta.

Menurutnya potensi itu bisa saja terjadi bilamana bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed menurunkan suku bunga acuannya pada semester petama tahun ini.

“Kita lihat ada cukup besar arahan The Fed, mereka juga sudah mulai akan turunkan suku bunga dollar. Saya pikir kalau ada langkah The Fed pasti ada kesempatan negara kita juga untuk turunkan bunga,” kata Satinder di Menara Danamon Jakarta, Selasa (23/04/2019).

Walau begitu, pihaknya terus mengapresiasi setiap langkah yang telah dijalankan oleh BI. Sebab, menurutnya hingga saat ini kebijakan penyesuain suku bunga acuan BI telah membuat nilai tukar Rupiah lebih stabil.

“Sekarang kalu liat suku bunga bi srkng rupiah udah stabil Rp14.000/ US$ itu yang bagus kalau ini akan turun pasti akan turun,” tambah Satinder.

Sebagai informasi saja, untuk suku bunga acuan BI sendiri, hingga sepanjang 2018 saja BI telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebanyak 175 bps pada bulan Mei Juni, Agustus dan terakhir pada November sehingga kini berada di level 6,00%. Sedangkan pada tahun 2019, suku bunga masih ditahan dan dijaga pada 6%.

Penulis: Redaksi

Baca Juga