Euro 2020

Dibobol Dua Gol, Belanda Pulang Kampung

AKURATNEWS - Pupus sudah peluang Tim Oranye Belanda menjadi juara Euro 2020. Tanpa diduga, skuad De Oranje ditekuk Republik Ceko 0-2 di laga babak 16 Besar yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6) malam WIB. Armada Frank de Boer dipermalukan gol Tomas Holes (68') dan Patrik Schick (80') tanpa balas.

Kedua tim di babak pertama memainkan permainan dengan tensi tinggi sejak menit-menit awal. Kedua tim terlihat saling berusaha memenangkan penguasaan bola dengan sesekali membangun serangan.

Lini pertahanan kedua tim pun membuat peluang-peluang yang tercipta patah begitu saja. Termasuk pada menit 12 saat akselerasi Denzel Dumfries yang telah melewati kiper Ceko Tomas Vaclik diakhiri tendangan yang mampu dihalangi Vladimir Coufal.

Begitu juga peluang yang diciptakan Soucek pada menit 21. Umpan deras yang dikirimkan dari sisi sebelah kanan hampir saja ia sambar dengan sundulan sambil terbang, namun bola lebih cepat sepersekian detik.

Peluang emas terjadi pada menit 28 bagi Republik Ceko. Tendangan dari luar kotak penalti Patrik Schik yang melengkung dapat ditangkap  kiper Maarten Stekelenburg sambil melayangkan diri.

Peluang tersebut dibalas pada menit 38 oleh akselerasi dari sisi kiri Georginio Wijnaldum. Tendangan kencang menggusur tanah yang ia lepaskan dapat dimentahkan kiper Tomas Vaclik menggunakan kaki.

Di babak kedua, selayaknya babak pertama, laga berlangsung semakin seru di menit-menit awal. Petandingan baru berjalan 5 menit, Donyell Malen mampu menciptakan peluang emas.

Kuatnya penguasaan bola oleh Malen membuat pemain terakhir Ceko di lini pertahanan terjatuh namun tak berujung pelanggaran. Ia pun tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper dan mencoba melakukan gerakan menggocek. Sayang, percobaan tersebut dapat digagalkan.

Tak berselang lama, mimpi buruk justru datang bagi Belanda. Mathhijs de Ligt secara sengaja memberhentikan bola menggunakan tangannya saat menjaga penyerang Ceko. Alhasil, kartu merah dihadiahi wasit untuknya pada menit 55. Disinilah awal morat maritnya skuad Belanda.

Unggul jumlah pemain membuat Ceko dapat mengurung pertahanan Belanda. Hasilnya, Ceko berhasil membuka keunggulan pada menit 68. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Tomas Holes yang tak terkawal mampu melakukan sundulan ke arah gawang yang sudah ditinggalkan Stekelenburg. Skor 1-0 untuk Ceko.

Serangan Ceko makin menjadi-jadi hingga menit ke-80 mereka kembali dapat mencetak gol keduanya. Kali ini, penguasaan bola apik yang ditunjukkan Tomas Holes memberi assist kepada Patrik Schick. 2-0 untuk keunggulan Ceko.

Waktu tambahan enam menit yang diberikan wasit tetap tak dapat dimanfaatkan Belanda mencetak satu gol pun. Hingga berakhirnya pertandingan skor 2-0 tetap bertahan. Belanda pun angkat koper dari Euro 2020.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga