Diduga Terjadi Pemborosan Anggaran, DPU BMSDA Sidoarjo Disomasi

Tampak samping depan bangunan Kantor DPU-BMSDA Sidoarjo yang belum lama ini diperbaiki, (Foto dok. Akuratnews.com).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Ketua DPD LSM Gerah Jawa Timur, Jim Darwin melayangkan surat somasi terkait dengan proyek pemeliharaan gedung kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPU-BMSDA) Sidoarjo yang diduga terjadi pemborosan anggaran.

Diketahui, rencana bakal dipindahnya sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk DPU-BMSDA ke kompleks pertokoan Sun City Biz, Porong, akibat terdampak langsung megaproyek pembangunan gedung terpadu 17 lantai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, diduga bermasalah.

Jim Darwin menerangkan, sebelum kantor yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Sidoarjo itu diluluh-lantakkan, pejabat OPD ini diduga memanfaatkan kesempatan untuk merealisasikan proyek pemeliharaan gedung kantor dengan dana sebesar maksimal Rp200 juta yang disebut-sebut berasal dari APBD 2019.

"Padahal, kondisi ruangan kepala dinas lama tampak masih layak, tapi kepala dinas baru yang dilantik pertengahan Mei 2019 lalu, justru enggan menempatinya. Dia lebih memilih ruangan lain, bekas salah satu bidang yang kini bergabung kembali ke OPD semula, Dinas Perkim CKTR sejak awal Januari 2019 silam," kata Jim Darwin seusai melayangkan surat somasi, Jumat (26/7/2019)

Menurut Jim, ruangan kepala dinas baru yang telah diselesaikan pertengahan Juli 2019 ini tampak pemeliharaannya bukan perbaikan ringan, tak ubahnya renovasi atau rehab. Pasalnya, kondisi ruangan terlihat ada perubahan konstruksi, semisal penggantian lantai lama dengan granit.

"Bila demikian, pemeliharaan itu terbilang menyimpang dari rencana, alias salah sasaran. Sehingga, disinyalir terjadi pemborosan anggaran," tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPU-BMSDA Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih ketika mau dikonfirmasi persoalan tersebut, kebetulan dia tidak berada di kantor sehingga berita belum dapat terkonfirmasi.*

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga