6 Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap dengan Bentuk Amalan Terbaik

Makin Rajin

Doa Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan malam istimewa dan mulia yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan. Mengingat kemuliaannya yang cukup besar inilah, membuat malam Lailatul Qadar menjadi momen yang pas untuk berdoa karena kemungkinan besar doa Anda akan terijabah. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi signifikansi dan keutamaan Lailatul Qadar, serta pentingnya doa pada malam tersebut. Karena malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan luar biasa yang telah dicatat dalam Al-Qur’an.

Macam-macam Doa Lailatul Qadar

Berikut ini beberapa doa yang bisa Anda baca saat malam istimewa ini:

1. Doa Berdasarkan Riwayat At-Tirmidzi

Adapun doa Lailatul Qadar berdasarkan riwayat dari imam At-Tirmidzi yang bisa Anda amalkan yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf yang Pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

2. Doa Berdasarkan Lima Imam Selain Abu Dawud

Doa saat malam Lailatul Qadar yang bisa Anda amalkan berikutnya yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Baca Juga:  Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, Lengkap dengan Adabnya

3. Doa Lain untuk Diamalkan

Tidak hanya 2 doa di atas yang bisa Anda amalkan. Berikut ini uraian doa lainnya untuk Anda amalkan saat  malam Lailatul Qadar:

a. Doa Meminta Kedatangan Lailatul Qadar

Adapun doa jika Anda ingin didatangkan malam istimewa ini yaitu:

  ‎اَللَّهُمَّ اِطَّلِعْ عَلَيْنَا لَيْلَةُ الْقَدَرِ اَلْعَظِيْمَةُ الْقَدَرِ فِى الْيَقُظَة وَ الْمَنَام 

Allahumma Iththoli’ ‘Alainaa Lailatal Qodari Al-‘Azhiimatul Qadari fil Yaqdzoh wal Manaam. 

Artinya: “Ya Allah, datangkanlah kepada kami Lailatul Qadar yang mulia saat bangun dan tidur.”

b. Doa Agar Dipertemukan Malam Lailatul Qadar

Adapun doa agar dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar antara lain:

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لنَا فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ بَلِّغْنَا لَيْلَةَ الْقَدْرِ وَعِبَدَةً فِيْهَا ‎

Allahumma Bariklana fi Syahri Romadhana wa Ballighna Lailatal Qadr wa ‘Ibadatan Fiha. 

‎Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan ini dan pertemukanlah kami dengan Lailatul Qadr dan beribadah di malamnya.”

c. Doa Memohon Terbebas dari Masalah

Saat malam Lailatul Qadar, Anda juga bisa membaca suatu amalan agar terbebas dari suatu masalah. Hal ini sesuai dengan salah satu hadis yang mengatakan bahwa Aisyah ra pernah mengatakan bahwa:

“Jika saya tahu suatu malam itu adalah Lailatul Qadar, tentu doa yang paling banyak diucapkan di malam itu. Aku meminta kepada Allah ampunan dan terbebas dari masalah.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Adapun untuk doa agar Anda terbebas dari masalah yang bisa Anda amalkan saat datangnya malam istimewa di bulan Ramadhan ini yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Allahumma inni as’alukal-‘afwa wal-‘afiyah fid-dunya wal-akhirah

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan terbebas dari masalah dunia dan akhirat.”

d. Doa Terhindar dari Siksa Api Neraka

Selain doa yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa membaca doa agar terhindar dari siksa api neraka. Adapun lafal doanya untuk Anda amalkan antara lain:

Baca Juga:  8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar dari Kegelisahan

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.  

Artinya:“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan akhirat serta perliharalah kami dari siksa api neraka.”

Cara Mengamalkan Doa Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam mulia yang mana Anda dianjurkan untuk berdoa. Adapun doa saat malam Lailatul Qadar di atas bisa Anda amalkan dengan cara berikut:

  • Berdoa saat malam hari di bulan Ramadhan yang mana Anda merasa bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar melalui ciri-cirinya yang Anda rasakan. 
  • Jumlah doa yang Anda amalkan bebas sesuai dengan kemampuan Anda. Namun, alangkah lebih baik lagi jika jumlahnya ganjil dan semakin banyak maka akan semakin bagus. 
  • Melakukan hal bermanfaat lainnya, misalnya sebelum membaca doa Anda sholat terlebih dahulu atau membaca Al-Qur’an.

Amalan Terbaik di Malam Lailatul Qadar

Anda tidak hanya dianjurkan untuk membaca doa selama malam Lailatul Qadar, tetapi juga melakukan beberapa hal baik lainnya antara lain:

1. Melaksanakan Shalat

Sholat merupakan salah satu amalan yang akan dihisab pada hari akhir nanti dan memiliki banyak kebaikan jika Anda amalkan. Untuk itulah, saat malam Lailatul Qadar, Anda sebaiknya memperbanyak shalat malam seperti shalat taubat, tarawih, tasbih, hingga tahajud. 

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari bahwa “Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah. Maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901). 

2. Membaca Al-Qur`an

Saat bulan Ramadhan atau bahkan bulan-bulan lainnya, kita sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an. Hal ini karena Al-Qur’an merupakan pedoman bagi seluruh umat Muslim dan bisa mendapatkan pahala saat membacanya.

Oleh karena itulah, Anda sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an saat malam Lailatul Qadar. Alangkah lebih baik lagi jika Anda benar-benar memperbanyak membaca Al-Qur’an saat 10 terakhir malam Lailatul Qadar.

Baca Juga:  Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunnah Nabi SAW

3. Itikaf di Masjid

Itikaf sendiri adalah berdiam diri di dalam masjid dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Amalan saat Lailatul Qadar ini sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam hal ini, Anda bisa membaca doa Lailatul Qadar sambil beritikaf di masjid.

Selain itu, itikaf di masjid juga bisa sebagai salah satu media untuk Anda melakukan muhasabah dan intropeksi diri terhadap berbagai dosa yang Anda lakukan. Anda bisa barengi dengan memperbanyak dzikir terutama istighfar saat malam-malam terakhir bulan Ramadhan. 

4. Perbanyak Shalawat untuk Rasulullah SAW

Saat malam Lailatul Qadar, Anda juga sebaiknya memperbanyak shalawat untuk Rasulullah SAW. Ini sebagai bentuk rasa sayang dan cinta kepada Rasulullah SAW. Selain itu juga sebagai salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Rasulullah dan Allah SWT sehingga Anda bisa jauh lebih baik kedepannya. 

5. Niat Bertaubat

Saat bulan Ramadhan sering sekali menjadi salah satu ladang untuk bertaubat banyak orang. Apalagi di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, memperbanyak mohon ampun dan bertaubat adalah salah satu jalan agar Anda bertemu dengan malam Lailatul Qadar dan memperoleh berbagai berkahnya. 

Namun, sebaiknya dalam bertaubat Anda niatkan secara sungguh-sungguh karena Allah SWT. Sehingga, taubat Anda lebih mudah diterima dan niat Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi bisa tercapai.

Sudah Tahu Bacaan Doa Lailatul Qadar?

Ada beberapa doa yang bisa Anda baca selama malam Lailatul Qadar seperti di atas. Anda bisa memilih untuk mengamalkan doa yang mana terlebih dahulu atau juga bisa membaca semua doa tersebut. 

Dalam mengamalkan setiap doa dan amalan saat Lailatul Qadar, sebaiknya Anda lakukan secara sungguh-sungguh dan tulus karena Allah SWT. Hal ini sebagai langkah awal agar setiap doa dan amalan tersebut diterima oleh Allah SWT. 

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait