Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, Lengkap dengan Adabnya

Makin Rajin

Bagi umat beragama muslim, masjid merupakan tempat yang mulia dan rumah Allah SWT. Sebagai umat muslim yang beriman, hendaklah kita membaca doa masuk masjid ketika hendak memasuki masjid. Begitu pula ketika hendak keluar masjid, akan lebih baik jika kita membaca doa keluar masjid. 

Sebab, doa-doa tersebut merupakan ungkapan rasa syukur, permohonan ampunan, dan penghormatan terhadap tempat ibadah tersebut. Artikel ini akan membahas pentingnya doa masuk masjid, arti dan maknanya, serta beberapa doa yang dianjurkan ketika memasuki masjid. 

Doa Masuk Masjid

Pada dasarnya, doa ketika masuk dan keluar masjid mudah untuk Anda hafalkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat dua versi bacaan doa masuk masjid, yakni versi pendek dan versi panjang. Berikut adalah bacaan doanya:

1. Doa Masuk Masjid Versi Pendek

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan latin: 

Allahummaftah lii abwaaba rahmatika

Artinya:

“Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” 

2. Doa Masuk Masjid Versi Panjang

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا

مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan latin:

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya:

Baca Juga:  Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir Shahih Sesuai dengan Tuntunan

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah.

Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Perlu Anda pahami pula bahwa anjuran membaca doa masuk masjid terdapat dalam sebuah hadits: 

“Apabila salah satu di antara kalian masuk masjid, maka ucapkan salam kepada Muhammad Saw (bersholawat), kemudian berdoalah, “ Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” 

Saat hendak keluar masjid, berdoalah sebagaimana lafalnya, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepadaMu.”” (HR. Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah).

Doa Keluar Masjid

Seperti halnya doa masuk masjid yang memiliki dua versi, doa keluar masjid juga terdiri dari dua versi, yaitu : 

1. Doa Keluar Masjid Versi Pendek 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Bacaan latin: 

Allaahumma innii as’aluka min fadhlika

Artinya: 

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu.”

2. Doa Keluar Masjid Versi Panjang

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Bacaan latin : 

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik.

Artinya: 

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. 

Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

Baca Juga:  Kumpulan Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Artinya

Adab dan Etika Ketika Keluar dan Masuk Masjid

Selain membaca doa masuk masjid dan keluar masjid, terdapat adab dan etika yang perlu Anda pahami sebagai umat Muslim saat berada di dalam masjid. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adab Masuk Masjid

Berikut adab atau tata cara saat hendak masuk dan keluar masjid : 

  • Mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu saat hendak melangkah masuk.
  • Mengamalkan bacaan doa masuk masjid.
  • Melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid sebelum menjalankan ibadah.
  • Saat hendak keluar masjid, melangkahlah dengan kaki kiri terlebih dahulu.
  • Mengamalkan bacaan doa keluar masjid ketika pulang.

2. Etika Masuk Masjid

Adapun etika yang perlu Anda perhatikan saat hendak memasuki masjid adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan baju yang sopan, rapi, dan bersih.
  • Berjalan secara tenang dan tidak tergesa-gesa.
  • Berwudhu terlebih dahulu sehingga berangkat dengan keadaan suci.
  • Memperbanyak dzikir dan sholawat nabi.
  • Tidak bergunjing dan mengobrol saat beribada.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berada di Masjid

Ketika berada di dalam masjid terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain membaca doa masuk masjid dan keluar masjid. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Mengobrol dan Berbicara dengan Lantang

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Muslim. Oleh sebab itu, saat berada di dalamnya hendaknya Anda tidak mengobrol dan berbicara secara keras. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu orang lain yang sedang menjalankan ibadah, baik berdzikir, mengaji, maupun sholat. 

2. Membaca Al Quran dengan Lantang

Meski termasuk menjalani ibadah, membaca Al Quran dengan lantang pada waktu tertentu di dalam masjid juga sebaiknya dihindari. Misal ketika membaca Al Quran dengan suara yang keras sebelum iqamah. Bahkan terdapat hadits pada anjuran ini, yang berbunyi : 

“Jangan sekali-kali sebagian dari kalian mengeraskan bacaan Al-Qur’an atas sebagian yang lain-atau beliau bersabda-dalam shalatnya.” (HR Abu Dawud: 1332 dan Ahmad)

3. Melakukan Kegiatan Perdagangan

Berdagang sejatinya merupakan kegiatan yang mulia di mata Allah SWT. Akan tetapi, melakukan transaksi jual beli ketika berada di tempat ibadah tentunya bukanlah hal yang dapat dibenarkan. 

Baca Juga:  Niat Sholat Jenazah: Syarat Sah, Doa, dan Tata Caranya

Jual beli hendaknya dilakukan ketika telah keluar dari masjid. Sehingga, ketika di dalamnya kita lebih fokus dan konsentrasi beribadah, salah satunya saat mengamalkan doa masuk masjid dan keluar masjid. 

4. Berjalan di Depan Orang yang Sedang Shalat

Ketika ada orang lain yang sedang menjalankan shalat, akan lebih baik apabila Anda tidak berjalan di depannya, tepatnya di antara batas sujudnya. Hal ini tentunya akan mengganggu konsentrasi dan kekhusyukan umat muslim yang sedang shalat.

5. Bergunjing dan Membicarakan Hal yang Tidak Penting di Masjid

Bergunjing merupakan hal yang berdosa di mata Allah SWT. Apalagi melakukannya di rumah Allah, yakni masjid. Hal ini tentunya sangat terlarang. Sebagai umat muslim, hendaknya Anda menghindari perbuatan ini karena sejatinya masjid merupakan tempat di mana kita menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

6. Meninggalkan Masjid Ketika Mendengar Adzan

Adzan merupakan bentuk panggilan Allah kepada umat muslim untuk menjalankan ibadah wajib shalat lima waktu. Ketika berada di masjid dan mendengar adzan berkumandang, hendaknya kita tidak pergi meninggalkan masjid. Akan tetapi, menunggu dan menjalankan ibadah shalat setelah adzan berkumandang.

7. Menyalakan HP saat Melaksanakan Shalat

Saat menjalankan ibadah sholat, apalagi shalat berjamaah menyalakan HP dengan suara yang keras merupakan hal yang perlu Anda hindari. Hal ini akan mengganggu konsentrasi dan kekhusyukan jamaah lain saat menjalan ibadah shalat.

Yuk, Hafalkan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid!

Berdasarkan penjelasan di atas serta seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist, membaca doa masuk masjid dan keluar masjid merupakan hal yang penting bagi umat Muslim. Dalam setiap langkah menuju masjid, doa masuk masjid menjadi pengingat akan kehadiran Ilahi dan permohonan ampunan.

Sementara doa keluar dari masjid mencerminkan rasa syukur dan harapan akan berkah-Nya dalam setiap langkah kita di dunia ini. Dengan merenungkan makna dan arti doa-doa ini, kita menghadirkan kesadaran dan penghormatan yang mendalam dalam setiap ibadah kita di rumah Allah.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait