Doa Menyembelih Ayam dan Tata Caranya, Lengkap

Makin Rajin

Doa Menyembelih Ayam

Doa menyembelih ayam harus kamu baca sebelum proses penyembelihan ayam. Islam merupakan agama yang sempurna dan mengatur berbagai aspek kehidupan muslim/muslimah. Bahkan, urusan penyembelihan pun ada tata caranya, termasuk doa yang harus kamu baca. Berikut pembahasan selengkapnya.

Doa Menyembelih Ayam Sesuai Syariat

Menyembelih ayam memang tak boleh kamu lakukan sembarangan. Islam sudah mengatur bagaimana cara penyembelihan ayam secara tepat. Termasuk bacaan doa yang harus kamu panjatkan.

Seseorang yang menyembelih ayam tanpa membaca doa dan dengan tata cara yang salah, bisa jadi penyembelihannya tidak sah. Akhirnya, ayam tersebut dihukumi sebagai bangkai dan haram. Ketika kamu mengonsumsinya, sama saja kamu mengonsumsi barang haram.

1. Membaca Bismillah

Doa menyembelih ayam yang pertama dan perlu kamu ucapkan adalah membaca basmalah. Adapun untuk bacaannya yaitu:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahir rahmanir rahim”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”

2. Membaca Sholawat Nabi

Kemudian sunah seorang penyembelih ayam melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad. 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ala ‘ali sayidina Muhammad”

Artinya: “Tuhanku, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya”

3. Membaca Takbir Sebanyak 3 Kali serta Tahmid

Berikutnya, seseorang yang hendak menyembelih ayam dianjurkan membaca takbir 3 kali serta tahmid.

Baca Juga:  Doa Sujud Tilawah beserta Tata Cara dan Keutamaannya

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, wa lilalhil hamd”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah”

4. Membaca Doa Menyembelih Ayam

Setelah ke semua sunah di atas telah kamu lakukan, kemudian kamu juga harus membaca doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim”

Artinya: Ya Allah, hewan ini merupakan nikmat dari-Mu dan dengan ini aku mendekatkan diri kepada-Mu. Karenanya ya Allah, Tuhan Maha Pemurah, terimalah taqorrubku.”

Doa Menyembelih Ayam Singkat

Selain membaca urut-urutan doa seperti di atas, kamu juga bisa membacakan doa penyembelihan ayam secara singkat. Ini merupakan doa yang paling umum dipilih seseorang karena selain singkat, doa tersebut juga mudah menghafalnya.

Adapun doa penyembelihannya yaitu “Bismillahi Allahu Akbar” atau cukup “Bismillahirrahmanirrahim”. Doa ini bisa kamu ucapkan cukup dalam hati maupun melafadzkannya. Selain itu, doa tersebut juga kamu baca sebelum mulai proses penyembelihan hewan tersebut.

Tata Cara Menyembelih Ayam Sesuai Syariat

Islam sudah mempunyai ketentuan tersendiri bagaimana seseorang yang hendak menyembelih ayam maupun hewan-hewan lainnya. Bukan hanya berkaitan dengan doa, melainkan tata cara penyembelihan hewan tersebut harus kamu lakukan secara benar menurut syariat. Berikut tata cara penyembelihan ayam yang tepat:

  1. Menyembelih dengan alat yang sangat tajam dan bersih
  2. Penyembelihan dilakukan dengan menyebut asma/nama Allah, lalu membaca basmalah sebelum menyembelihnya
  3. Menyembelih ayam dengan cara memotong tenggorokan serta dua urat leher. Semuanya kamu lakukan dalam satu gerakan
  4. Penyembelih adalah orang Islam yang berakal serta sudah dewasa atau baligh
  5. Menunggu ayam sampai benar-benar mati
  6. Ketika ayam sudah mati, maka proses lain bisa kamu lakukan seperti mencabuti bulunya, memotongnya, dan lain-lain
Baca Juga:  2 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Amalan dan Keutamaannya

Bolehkah Penyembelih Seorang Perempuan?

Selama ini, saat menyembelih ayam maupun hewan yang lain, kamu pasti lebih sering melihat penyembelih adalah kaum laki-laki. Sangat jarang dan mungkin kamu tak pernah melihat seorang perempuan yang menyembelih hewan tersebut.

Lalu, apakah boleh seorang perempuan menyembelih hewan? Sebenarnya tidak ada masalah. Dengan catatan, perempuan tersebut telah memenuhi segala persyaratan untuk menyembelih hewan. Namun, menyembelih hewan besar akan menyulitkan wanita karena perlu tenaga lebih untuk menahan dan menyembelih hewan tersebut.

Bahkan, anak-anak juga boleh menyembelih hewan. Hanya saja, anak tersebut harus sudah mencapai usia tamyiz. Umumnya untuk fase ini, ketika anak sudah berumur 7-10 tahun.

Meskipun begitu, jika dirasa anak tersebut belum memiliki keberanian untuk menyembelih hewan, atau bahkan belum paham cara penyembelihan yang benar, sebaiknya tidak dianjurkan. Khawatir malah akan menyakiti hewan tersebut atau bahkan berpotensi menyebabkan proses penyembelihan tidak sah.

Kriteria Ayam yang Boleh Disembelih

Masih seputar doa menyembelih ayam. Kali ini kamu juga perlu memperhatikan kriteria ayam yang hendak kamu sembelih. Sebab, tak boleh memilih ayam secara sembarangan tanpa memperhatikan beberapa kriteria seperti berikut:

  1. Ayam yang akan kamu sembelih wajib kamu dapatkan secara halal. Misalnya ayam sendiri, ayam hasil pembelian, ayam hasil pemberian, dan lain-lain. Bukan ayam yang kamu dapatkan dengan cara-cara yang haram
  2. Hewan tersebut masih dalam kondisi hidup alias belum menjadi bangkai
  3. Menyembelih ayam yang sehat dan bukan ayam yang terkena penyakit. Jadi ayam tersebut tidak dalam kondisi membahayakan seseorang yang mengonsumsinya

Hal-hal yang Dilarang Terkait Penyembelihan Hewan

Selain memahami doa menyembelih ayam, kamu juga mesti paham dan menghindari apa saja hal-hal terlarang terkait penyembelihan hewan. Berikut ini merupakan hal makruh dan mungkin bisa menjadi haram jika melakukannya secara sengaja.

Baca Juga:  Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya

1. Menggunakan Pisau Tumpul

Ketika menyembelih ayam maupun hewan lain, sangat dianjurkan agar kamu menggunakan pisau yang tajam. Tujuannya agar proses penyembelihan hewan tersebut berlangsung sangat cepat tanpa harus menyakiti hewan.

Jika kamu malah menggunakan pisau tumpul, ini berpotensi menyakiti hewan yang kamu sembelih. Mengapa? Karena proses penyembelihan yang seharusnya berlangsung sekali malah berlangsung beberapa kali karena pisaumu yang tidak tajam tersebut.

Bahkan, kondisi ini bisa jadi haram ketika kamu tetap melakukannya secara sengaja. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan pisau yang tajam.

2. Menyembelih Ayam di Hadapan Ayam Lain

Ketika kamu menyembelih ayam, tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas penyembelihan tersebut di hadapan ayam lain. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa kamu sedang menakut-nakuti ayam yang lain.

Hewan pun juga memiliki perasaan. Khawatir tindakan yang kamu lakukan ini malah membuat ayam mengalami stres. Jika hal ini kamu lakukan, maka kemungkinan besar kamu akan berdosa, apalagi sampai melakukannya secara sengaja.

3. Mematahkan Leher Ayam Sebelum Menyembelih

Jangan pernah mematahkan leher ayam maupun hewan lainnya secara sengaja sebelum kamu menyembelihnya. Ini merupakan perbuatan yang jelas haram karena menyiksa hewan. Bahkan, proses penyembelihan pun bisa jadi tidak sah jika ayam tersebut lebih dulu mati sebelum kamu sembelih.

4. Menajamkan Pisau di Hadapan Ayam yang Hendak Disembelih

Makruh seseorang yang menajamkan pisau di hadapan ayam yang hendak disembelihnya. Kemungkinan besar ini membuat ayam tersebut takut dan bahkan stres. Sebaiknya, kamu menajamkan pisau di tempat lain yang sekiranya tidak terlihat oleh hewan yang akan kamu sembelih tersebut.

Sudah Paham tentang Doa Menyembelih Ayam?

Itulah informasi seputar doa yang bisa kamu baca saat menyembelih ayam. Ingat, pahami tentang tata cara penyembelihan ayam agar hewan yang kamu sembelih tersebut sah secara syariat. Semoga bermanfaat.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait