Sholawat Badar: Lirik, Arti, Sejarah, dan Keutamaannya

Makin Rajin

sholawat badar

Sholawat merupakan salah satu tradisi penting bagi umat Islam sebagai ungkapan penghormatan, doa, dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Di antara berbagai macam sholawat yang dikenal, salah satu yang memiliki nilai spiritual tinggi adalah Sholawat Badar. Simak keutamaan dan liriknya berikut ini!

Sejarah Sholawat Badar

Badar merupakan suatu daerah di Arab Saudi yang terkenal dalam sejarah Islam. Peristiwa yang menjadi latar belakangnya adalah Pertempuran Badar pada tahun 624 M. 

Pertempuran ini menjadi momen penting dalam sejarah Islam. Sebab, umat Muslim yang jumlahnya lebih sedikit berhasil mengalahkan pasukan yang jauh lebih besar dari kaum musyrik Quraisy.

Pada malam sebelum pertempuran, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berkemah di daerah Badar. Di malam itu, Nabi Muhammad SAW berdoa dan memohon kepada Allah SWT untuk mendukung pasukannya dalam pertempuran yang akan datang. Doa tersebut kita kenal sebagai Sholawat Badar. 

Dalam sholawatnya, Nabi Muhammad SAW juga meminta agar Allah SWT mengirimkan bantuan malaikat untuk membantu pasukan Muslim, hingga mereka meraih kemenangan dalam pertempuran.

Keutamaan Sholawat Badar 

Selain melambangkan pengharapan atas pertolongan Allah SWT dan petunjuk Nabi Muhammad SAW, sholawat juga memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut ini adalah keutamaan-keutaman tersebut:

1. Melambangkan Tawakal kepada Allah SWT

Sholawat ini mengandung pesan tawakal kepada Allah SWT dan pengharapan akan pertolongan-Nya dalam situasi sulit. Ini memberikan pelajaran kepada umat Muslim untuk senantiasa berserah terhadap kehendak Allah.

2. Merupakan Wujud Ibadah dan Penghormatan

Sholawat adalah bentuk ibadah yang memiliki nilai spiritual tinggi dalam Islam. Ketika merenungkan dan membaca sholawat, umat Muslim akan berpartisipasi dalam penghormatan pada Nabi Muhammad.

Baca Juga:  Bacaan Doa Masuk WC/Toilet Lengkap Arab, latin Beserta Artinya

Sholawat ini juga menjadi cara untuk mengungkapkan cinta dan rasa hormat kepada Nabi sebagai teladan terbaik bagi umat manusia.

3. Meraih Pahala dan Keberkahan

Membaca sholawat Badar juga membawa pahala dan keberkahan. Rasulullah SAW telah menyatakan bahwa setiap kali sholawat dibacakan untuknya, Allah SWT akan mengirimkan sepuluh sholawat kepada orang yang membacanya. 

Jadi, ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah.

4. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Ketika umat Muslim secara konsisten membaca sholawat, maka hal ini dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. 

Oleh karena itu, dengan mengingat perjuangan Nabi dan para sahabat dalam Pertempuran Badar dapat menjadi motivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Serta menjalankan ajaran-Nya dengan lebih baik.

5. Membawa Ketentraman dan Ketenangan Hati

Mengamalkan sholawat ini juga dapat membawa ketentraman dan ketenangan hati. Ketika seseorang mengingat dan menghormati Nabi Muhammad SAW, hati menjadi tenang dan terasa lebih dekat dengan Allah SWT. Sehingga, membaca sholawat bisa membantu mengatasi stres dan kegelisahan dalam kehidupan sehari-hari.

Lirik Sholawat Badar dan Terjemahannya

Berikut ini adalah lirik Sholawat Badar serta artinya yang bisa Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari:

Lirik dalam Arab:

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ, صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ الله

 تَوَ سَـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللّهِ وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ ,وَ كُــلِّ مُجَـا هِـدِ لِلّهِ بِاَهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ 

اِلهِـى سَـلِّـمِ اْلا ُمـَّة ,مِـنَ اْلافـَاتِ وَالنِّـقْـمَةَ ,وَمِنْ هَـمٍ وَمِنْ غُـمَّـةٍ ,بِاَ هْـلِ الْبَـدْرِ يـَا اَللهُ

اِلهِى نَجِّـنَا وَاكْـشِـفْ جَـمِيْعَ اَذِ يـَّةٍ وَا صْرِفْ مَـكَائـدَ الْعِـدَا وَالْطُـفْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 اِلهِـى نَـفِّـسِ الْـكُـرَبَا مِنَ الْعَـاصِيْـنَ وَالْعَطْـبَا وَ كُـلِّ بـَلِـيَّـةٍ وَوَبـَا بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Baca Juga:  Doa Nabi Yunus Dapat Menjadi Ikhtiar untuk Mempermudah Urusan

فَكَــمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ وَكَــمْ مِنْ ذِلَّـةٍ فَصَلَتْ, وَكَـمْ مِنْ نِعْمـَةٍ وَصَلَـتْ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَ كَـمْ اَغْـنَيْتَ ذَالْعُـمْرِ وَكَـمْ اَوْلَيْـتَ ذَاالْفَـقْـرِ, وَكَـمْ عَافَـيـْتَ ذِاالْـوِذْرِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

لَـقَدْ ضَاقَتْ عَلَى الْقَـلْـبِ جَمِـيْعُ اْلاَرْضِ مَعْ رَحْبِ, فَانْـجِ مِنَ الْبَلاَ الصَّعْـبِ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

ا َتَيـْنَا طَـالِـبِى الرِّفْـقِ وَجُـلِّ الْخَـيْرِ وَالسَّـعْدِ, فَوَ سِّـعْ مِنْحَـةَ اْلاَيـْدِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

فَـلاَ تَرْدُدْ مَـعَ الْخَـيـْبَةْ بَلِ اجْعَلْـنَاعَلَى الطَّيْبـَةْ, اَيـَا ذَاالْعِـزِّ وَالْهَـيـْبَةْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَ اِنْ تَرْدُدْ فَـمَنْ نَأْتـِىْ بِـنَيـْلِ جَمِيـْعِ حَاجَا تِى, اَيـَا جَـالِى الْمُـلِـمـَّاتِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى اغْفِـرِ وَاَ كْرِ مْنَـا بِـنَيـْلِ مـَطَا لِبٍ مِنَّا, وَ دَفْـعِ مَسَـاءَةٍ عَـنَّا بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

اِلهِـى اَنـْتَ ذُوْ لُطْـفٍ وَذُوْ فَـضْلٍ وَذُوْ عَطْـفٍ, وَكَـمْ مِنْ كُـرْبـَةٍ تَنـْفِىْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

وَصَلِّ عَـلَى النـَّبِىِّ الْبَـرِّ بـِلاَ عَـدٍّ وَلاَ حَـصْـرِ, وَالِ سَـادَةٍ غُــــرِّ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Arti Lirik:

Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi utusan Allah. Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah.

Kami berwasilah dengan berkah basmalah, dan dengan Nabi yang menunaikan lagi utusan Allah. Dan seluruh orang yang berjuang karena Allah, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan ummat, dari bencana dan siksa. Dan dari susah dan kesulitan, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari segala yang menyakitkan, dan semoga Engkau menjauhkan dari berbagai tipu daya musuh-musuh. Dan semoga Engkau mengasihi kami, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Ya Allah semoga Engkau menjauhkan beberapa kesusahan, dari orang-orang yang bermaksiat dan membuat kerusakan. 

Baca Juga:  Sholawat Munjiyat: Pengertian, Bacaan, dan Keutamaannya

Dan semoga Engkau menghilangkan semua bencana dan wabah penyakit, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Maka sudah banyak rahmat yang telah sampai, dan sudah banyak kenistaan yang dihilangkan. Dan sudah banyak dari nikmat yang telah sampai, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sudah berapa kali Engkau memberi harta orang yang makmur, dan berapa kali Engkau memberi nikmat kepada orang yang fakir. Dan berapa kali Engkau mengampuni orang yang berdosa, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sungguh hati manusia yang merasa sempit di atas tanah yang luas ini, karena banyaknya marabahaya yang menakutkan dan malapetaka yang menghancurkan.

Semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang menakutkan, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Kami datang dengan memohon pertolongan, dan memohon kebaikan dan keberkahan. Semoga Allah meluaskan anugerah yang melimpah-limpah, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Maka janganlah Engkau menolak kami dari kerugian, bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik dan selalu berbahagia.

Wahai Dzat yang menghilangkan bencana dunia dan akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba. lantaran berkahnya ahli Badar ya Allah.

Dan semoga Engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi yang senantiasa berbakti kepada-Mu dengan limpahan rahmat dan kesejahteraan yang tak terbilang dan tak terhitung.

Semoga tetap atas para keluarga Nabi dan para Sayyid yang bersinar cahayanya, karena berkahnya ahli badar ya Allah.

Sudah Tahu Bacaan Sholawat Badar?

Sholawat Badar adalah sebuah ungkapan penghormatan dan doa kepada Nabi Muhammad SAW. Serta mengajarkan umat Muslim tentang semangat perjuangan, keyakinan, dan tawakal kepada Allah SWT. Keutamaan dan makna sholawat ini tercermin dalam nilai-nilai ketabahan, keikhlasan, dan doa yang tulus. 

Dalam kehidupan sehari-hari, sholawat ini dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan dalam menghadapi berbagai ujian dan tantangan. Anda juga bisa mengamalkannya kapan saja, baik itu setelah sholat sunnah maupun fardhu. Semoga bermanfaat!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait