Macam-Macam Doa Bercermin, Arti, Adab Beserta Hikmahnya

Makin Rajin

Macam-Macam Doa Bercermin, Arti, Adab Beserta Hikmahnya

Bercermin merupakan salah satu aktivitas yang hampir setiap hari akan dilakukan oleh setiap individu. Entah laki-laki atau perempuan, semuanya butuh untuk bercermin agar tahu apakah penampilannya sudah sesuai. Tapi, apakah Anda sudah tahu atau hafal bagaimana doa bercermin?

Dalam ajaran Islam, berdoa saat bercermin amatlah penting karena ada banyak hikmah di dalamnya. Selain itu, dengan berdoa akan ada banyak keutamaan yang bisa Anda peroleh.

Hukum Membaca Doa Bercermin

Bercermin merupakan aktivitas dalam Islam yang dipandang memiliki hukum mubah atau diperbolehkan. Namun, saat hukum tersebut berlaku mubah, artinya tidak akan mendapatkan pahala meskipun dijauhi atau dilakukan. 

Meski begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada jalan pahala dalam aktivitas satu ini. Apabila Anda melafalkan doa yang benar saat bercermin, maka akan ada pahala yang Allah SWT berikan kepada Anda. 

Anda juga akan merasa selalu terlindungi atau memancarkan kebahagiaan ketika aktivitas berkaca yang Anda lakukan sambil berdoa. Selain itu, memanjatkan doa juga akan menghindarkan Anda dari kesombongan. 

Bisa jadi saat melihat wajah rupawan di cermin, Anda langsung merasa bahwa kecantikan dan ketampanan itu adalah milik Anda seorang. Semuanya juga berkat usaha Anda. Padahal, itu semua adalah anugerah dari Sang Pencipta.

Macam-Macam Doa Bercermin

Dalam Islam, seluruh aktivitas baik itu yang kecil maupun besar diatur sedemikian rupa oleh Allah SWT agar kehidupan manusia menjadi penuh berkah, tak terkecuali saat bercermin. Berikut ini ada beberapa macam doa bercermin yang bisa Anda amalkan:

Baca Juga:  8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar dari Kegelisahan

1. Agar Memperoleh Cahaya Nabi Yusuf

Nabi Yusuf A.S menjadi salah seorang Nabi yang ketampanannya paling sempurna di antara seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. Tak heran jika salah satu doa kala bercermin yang kaum muslim panjatkan bertujuan agar mendapatkan cahaya dari Nabi Yusuf. Berikut ini bunyinya:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي 

Allaahummaj’alnii nuuru yuusufa ‘ala wajhii faman ra anii yuhibbunii mahabbatanii

Artinya: “Ya Allah tetapkanlah cahaya Nabi Yusuf pada wajahku dan bagi siapa yang melihatku akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

2. Agar Tetap Diteguhkan dalam Agama Islam

Dari hadis riwayat Ibnu as-Sani Imam Nawawi di dalam kita berjudul Al-Adzkar, terdapat doa bercermin agar senantiasa diteguhkan dalam agama Islam. Doa ini sangat penting mengingat di tengah zaman yang serba digital ini segala kemaksiatan sangat mudah dilakukan. Berikut ini bunyi doanya:

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَا وَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillaahil ladzi sawwaa khalqi fa’addalahu wa karrama shuurata wajhii fahassanahaa waja’alanii minal muslimin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku dan Dia membaguskan serta menjadikan aku termasuk orang-orang Islam.”

3. Doa Bercermin Agar Senantiasa Mengingat Allah yang Membentuk Rupa

Kita tidak boleh lupa bahwa Allah SWT adalah Dzat yang menciptakan rupa sedemikian rupa sehingga menjadikannya sedap dipandang. Maka, agar senantiasa mengingat bahwa Allah menciptakan keindahan tersebut, Anda perlu membaca doa yang berasal dari surat At-Taghabun ayat 3 berikut ini.

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

Khalaqas samaawaati wal ardha bilhaqqi wa shawwarakum fa ahasana shuwarakum wa ilaihil-mashiir

Artinya: “Ia menciptakan langit dan bumi dengan kebenaran. Ia membentuk rupamu dan dibaguskannya rupamu itu dan hanya kepada Allah tempat kembali.”

Baca Juga:  Niat Sholat Taubat Zina Lengkap Beserta Tata Caranya

4. Agar Wajah Bercahaya

Siapa yang tidak ingin wajahnya bercahaya? Semua orang pasti menginginkannya. Agar aura wajah yang bercahaya terpancar, Anda bisa membaca doa bercermin berikut ini:

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Rabbana atmimlanaa nuuranaa waghfirlanaa innaka ‘ala kulli sya’in qadiir

Artinya: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

5. Agar Akhlak Semakin Baik

Doa bercermin yang terakhir adalah doa untuk memperbagus akhlak. Akhlak merupakan salah satu sikap yang paling diperhitungkan dalam diri manusia. Apabila akhlaknya baik, maka orang tersebut akan menunjukkan sifat-sifat yang terpuji. Berikut ini adalah bunyi doanya yang bersumber dari riwayat Ibnu Hibban:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Allaahumma kamaa hassanta khalqi fahassin khuluqii

Artinya: “Ya Allah, sebagimana Engkau baguskan tubuhku, maka baguskanlah juga akhlakku.”

Pada kesimpulannya, tidak hanya melihat penampilan diri saja, melalui doa saat bercermin ada banyak tujuan yang bisa tercapai. Seperti memperbagus akhlak, memiliki wajah bercahaya, mengingat Allah sebagai Dzat yang membentuk rupa, memperoleh cahaya Nabi Yusuf A.S, dan tetap dalam naungan Islam.

Adab Saat Bercermin

Membaca doa saat bercermin artinya sedang bermunajat kepada Sang Pencipta. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja adab-adabnya. Berikut ini macam-macam adab yang harus Anda lakukan saat bercermin:

1. Membaca Doa

Adab pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membaca doa. Anda bisa memilih antara beberapa macam doa saat bercermin di atas. 

Doa tersebut bisa Anda lafakan pelan-pelan atau baca di dalam hati. Hal yang terpenting adalah Anda memunajatkan doa tersebut dengan tulus ikhlas mengharap ridho Allah SWT.

Baca Juga:  Penting! Ketahui Doa Zakat Fitrah Setelah Menerimanya

2. Bersyukur Atas Segala Ketetapan Allah

Saat bercermin, seseorang harus selalu bersyukur atas apa yang telah Allah SWT karuniakan. Entah ada tahi lalat, tompel, atau dekik yang menempel di wajah, semuanya adalah bagian dari sebaik-baiknya penciptaan untuk Anda.

3. Tidak Perlu Berlama-lama 

Bercermin harus Anda lakukan sewajarnya saja, tidak perlu berlama-lama mematut diri di depan cermin. Hal ini hanya akan menyelipkan perasaan insecure atau bahkan sombong yang ujungnya tidak menghargai serta mensyukuri penciptaan dari Allah SWT.

Hikmah Memanjatkan Doa Bercermin

Tidak ada satupun ketetapan dalam Islam yang tidak memiliki maksud atau hikmah dalam pelaksanaannya. Berikut ini adalah beberapa hikmah yang bisa Anda peroleh apabila memanjatkan doa saat bercermin.

1. Melunturkan Kesombongan

Ingat, segala sesuatu yang ada dalam diri Anda adalah titipan. Tidak perlu membanggakan diri secara berlebihan. Selain itu, Anda juga tidak boleh membanding-bandingkan paras satu dengan lainnya yang ujungnya hanya menyakiti.

2. Pengingat Akan Berlimpahnya Dosa

Saat memanjatkan doa bercermin, seseorang akan paham bahwa dirinya merupakan hamba yang banyak dosa. Melihat bayangan yang muncul di cermin membuat seseorang merenung bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa tanpa bantuan Allah SWT sehingga harus sering memohon ampunan.

3. Keindahan Akhlak Lebih Penting

Saat melihat keindahan wajah, seseorang tidak boleh melupakan bahwa keindahan akhlak jauh lebih penting. Sebab, dari penjagaan atas keindahan akhlak tersebut akan muncul wajah-wajah bercaya yang memancarkan kebaikan.

Sudah Hafal Doa Bercermin yang Mana?

Dari kelima doa bercermin di atas, Anda bisa menghafalnya secara bertahap dan membacanya bergilir setiap akan bercermin. Dengan membiasakan diri membaca doa tersebut, seseorang akan senantiasa ingat bahwa segala keindahan pada wajahnya adalah karunia dan titipan dari Allah SWT.

Selain itu, jangan lupa menerapkan adab yang baik saat bercermin. Tidak boleh seenaknya sendiri karena dalam Islam sudah diatur sedemikian rupa. Semoga bermanfaat!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait