Doa Ulang Tahun dalam Islam, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

Makin Rajin

Ulang tahun menjadi momen yang istimewa dalam kehidupan setiap orang. Dalam momen ini, doa ulang tahun memainkan peran penting untuk mengungkapkan rasa syukur, merayakan pencapaian hidup, dan mengirimkan harapan yang baik untuk tahun-tahun mendatang. Yuk, simak macam-macam doanya di sini!

Macam-macam Doa Ulang Tahun dan Terjemahannya

Ulang tahun adalah saat yang spesial dalam kehidupan. Selain merayakan dengan penuh kebahagiaan, momen ini juga bisa kita isi dengan doa-doa baik. Berikut ini adalah berbagai macam doa yang bisa Anda baca sesuai dengan harapan dan keinginan:

1. Doa Meminta Kesehatan dan Panjang Umur

Doa ulang tahun ini merupakan permohonan kepada Allah SWT agar senantiasa dipenuhi dengan berkah, kebahagiaan, dan kesehatan untuk kedepannya. Baik itu kesehatan fisik maupun mental.

َللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawil’umurana washahhih ajsadana, wanawir qulubana, watsabbit imanana, wa ahsin a’malana wawasi’arzaqana, wa ilalkhoiri qarabna, wa’anisy syarri ab’idna, waqdhi khawaijana fid diini wad dunnya wal akhirati innaka ‘ala kulli syai’in qadir.

Artinya:

“Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkan kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia atau di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.”

2.  Doa untuk Membuka Pintu Rezeki dan Berkah

Doa ulang tahun berikutnya mengajarkan kita untuk memohon kepada Allah agar memberikan keberkahan dan rahmat dalam hidup kita. 

Baca Juga:  Bacaan Doa Sujud Sahwi Arab Latin Dan Tata Cara Melakukannya

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi ‘ala nafsi wa maali wa diini. Allahumma radhdhinii bi qadhaa’ika, wa baarik lii fiima quddira lii hatta laa uhibba ta’jiila maa akhkharta, wa laa ta’khiira maa ‘ajjalta.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang menjadi takdirku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.”

3. Doa untuk Mendekatkan Diri kepada Allah dan Memperbaiki Diri

Doa ulang tahun ini mengekspresikan keinginan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Kedekatan dengan Sang Pencipta adalah tujuan utama dalam hidup dan doa ini mengajarkan pentingnya mencari hubungan yang lebih erat dengan-Nya.

بسم الله وبالله، ومن الله، وإلى الله، وفي سبيل الله، اللهم إليك أسلمت نفسي وإليك وجهت وجهي، وإليك فوضت أمري، فاحفظني بحفظ الايمان من بين يدي ومن خلفي وعن يميني وعن شمالي ومن فوقي ومن تحتي، وادفع عني بحولك وقوتك، وإنه لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Bismillah, wa billah, wa minallah, wa ilallah, wa fii sabilillah. Allahumma ilaika aslamtu nafsii wa ilaika wajjahtu wajhii wa ilaika fawwadhtu amrii fahfadhnii bi hifdhil iimaani min baini yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa min tahtii wadfa’ ‘annii bi hawlika wa quwwatika wa inahuu laa hawla wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, dan bersama Allah, dari Allah, menuju kepada Allah, dan di jalan Allah. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrahkan diriku, kepada-Mu aku hadapakan wajahku, kepada-Mu aku pasrahkan urusanku, maka lindungilah aku dengan lindungan iman dari sisi depanku, dari belakangku, dari sisi kananku, dari sisi kiriku, dari atasku, dan dari bawahku, serta tolaklah dariku dengan upaya dan kekuatan-Mu,sesungguhnya tiada upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Baca Juga:  Doa Penutup Majelis dan Hikmahnya bagi Seorang Muslim

4. Doa untuk Meminta Ampunan dan Rahmat

Momen ulang tahun juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk introspeksi diri dan meminta ampunan kepada Allah.

Dalam doa ulang tahun ini, kita memohon ampunan dan rahmat Allah atas dosa-dosa yang telah lalu. Pertambahan usia adalah saat yang tepat untuk merenung, mengevaluasi tindakan kita, dan berusaha memperbaiki diri agar lebih dekat dengan-Nya.

رَبِّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي كُلِّهِ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ وَعَمْدِي وَجَهْلِي وَهَزْلِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Robbighfir liy wakhothiyatiy wajahliy wasroofiy fiy amriy kullahi wa maa anta a’lamu bihi minniy. Allahummaghfir liy khothooyaa ya wa’amdiy wa jahliy wahazliy wa kullu dzalika ‘indiy, Allahummaghfir liy maa qoddamtu wa maa akhortu wa maa asrortu wa maa a’lamtu antal muqoddam wa antal muakhor wa antal ‘ala kulli syaiin qodir.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan, dan perbuatanku yang terlalu berlebihan dalam urusanku, serta ampunilah kesalahanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ampunilah kesalahanku, kemalasanku, kesengajaanku, kebodohanku, gelak tawaku yang semua itu ada pada diriku. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang telah berlalu, dosa yang mendatang, dosa yang aku samarkan, dosa yang aku perbuat dengan terang-terangan dan dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku, Engkaulah yang mengajukan dan Engkaulah yang mengakhirkan, serta Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa untuk Memohon Kebahagiaan dan Kedamaian dalam Hidup

Doa ulang tahun ini mengarahkan kita untuk mencari kebahagiaan dan kedamaian dalam hati serta hidup kita di tengah kesibukan sehari-hari.

Baca Juga:  Doa Naik Kendaraan Laut, Udara Dan Darat Yang Harus Hapal

Dalam momen bertambahnya usia, doa ini menjadi suara yang memohon berkah Allah. Sehingga, kita bisa mengatasi tantangan, menemukan ketenangan dalam hati, dan menjalani hidup dengan penuh rasa syukur. 

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ فَتْحَهُ وَنَصْرَهُ وَنُوْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ. وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّ مَا قَبْلَهُ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum, fathahu wa nashrahu, wa nurahu, wa barakatahu wa hudahu. Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi wa khaira ma qablah, wa khaira ma ba’dah. Wa ‘a’udzubika min syarri hadzal yaum, wa syarri ma fihi wa syarri ma qablah, wa syarri ma ba’dah.

Artinya: 

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka rahmat, pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya.”

Sudah Tahu Apa Saja Macam-Macam Doa Ulang Tahun?

Ulang tahun sebanrnya bukan sunnah, hukum paling tingginya adalah mubah. Namun, momen pertambahan usia adalah kesempatan yang baik untuk berdoa dan merenung. Setiap doa ulang tahun ini mencerminkan ekspektasi, keinginan, dan pengharapan kita kepada Allah dalam perjalanan hidup kita. 

Melalui doa, kita mengungkapkan rasa syukur atas karunia-Nya dan memohon berkah serta petunjuk untuk masa yang akan datang. Tentu saja, setiap doa tersebut sebenarnya tetap bisa Anda amalkan setiap hari. Namun, selain berdoa, Anda juga dapat melakukan puasa dan banyak berdzikir saat ulang tahun.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait