Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Beserta Artinya

Makin Rajin

Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Beserta Artinya

Seorang muslim hendaknya selalu memanjatkan doa memohon selamat dunia akhirat sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk selalu dilindungi dan diberi keselamatan. Karena ketika berbicara tentang kehidupan, kita tidak hanya fokus pada dunia, tetapi juga berfokus pada akhirat sebagai tujuan akhir yang abadi.

Doa tersebut menggambarkan keinginan kita untuk meraih keberkahan dan keselamatan, baik dalam aspek material maupun spiritual. Bahkan, juga memiliki banyak keistimewaan dan memberikan manfaat yang luar biasa. Artikel ini akan menunjukan beberapa doa selamat yang bisa Anda panjatkan kapan pun.

Tentang Doa Keselamatan

Dalam ajaran agama Islam, doa selamat dunia akhirat merujuk pada bacaan doa untuk memohon dan mengharapkan datangnya kebahagiaan, keselamatan, dan keberkahan selama berada di dunia hingga bahkan di akhirat.

Doa ini merupakan sebuah aspirasi spiritual dan materi di kehidupan manusia serta kehidupan di akhirat setelah meninggal dunia kelak. Isi dari bacaan ini sangat terkait dengan doa dan permohonan kepada Allah SWT.

Seorang umat biasanya memohon agar diberikan berkah, kesehatan, rezeki yang halal, kesehatan, dan kesuksesan dalam pekerjaan. Doa ini juga bisa Anda panjatkan untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai macam masalah atau marabahaya yang mungkin akan terjadi di masa depan. 

Doa selamat juga sangat berkaitan dengan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan di akhirat. Umat muslim berdoa agar amal dan perbuatan yang mereka lakukan akan diterima oleh Allah SWT, dosa-dosa mereka akan diampuni dan diberikan tempat terbaik di akhirat.

Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa memohon keselamatan di dunia dan akhirat tidak hanya satu, ada berbagai macam bacaan yang bisa Anda panjatkan untuk memohon keselamatan dunia dan akhirat. Berikut ini bacaannya:

1. Doa Selamat Dunia Akhirat

Bacaan ini sering sekali muncul pada saat selesai mengucapkan doa-doa yang lain, selesai mengaji, atau menyampaikan sebuah kajian. Doa ini juga biasa disebut dengan doa sapu jagat karena di dalamnya terdapat permohonan kebaikan di dunia dan akhirat. Begini bacaannya:

Baca Juga:  Doa Iftitah Lengkap Bacaan Arab, Latin, Arti, dan Manfaatnya

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

2. Doa Keselamatan

Doa yang satu ini merupakan salah satu doa untuk memohon keselamatan serta kenikmatan di dunia maupun di akhirat. Bacaan ini merupakan doa yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat. Berikut ini bacaannya:

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ، رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ، رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti. Allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi.

Rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab. Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya: 

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki. Serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Baca Juga:  Doa Tayamum Lengkap beserta Syarat dan Tata Caranya

3. Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Adapun doa yang lebih pendek, tetapi tetap memiliki keistimewaan dan manfaat yang luar biasa adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَ عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indal hisab.

Artinya: 

“Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati.”

Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).”

4. Doa Selamat untuk Orang Tua

Selain memohon untuk diri sendiri, ada baiknya seseorang juga meminta keselamatan dan ampunan ke Allah SWT untuk kedua orang tuanya dengan membaca doa berikut ini:

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfir lii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiran. 

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan kedua orang tuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil.”

5. Doa Keselamatan Agar Terhindar dari Fitnah Orang Kafir

Doa keselamatan ini bisa Anda panjatkan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari fitnah dan kebencian dari orang-orang kafir terhadap kaum Muslim. Berikut ini bacaannya:

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْم

Rabbana laa taj’alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakiim.

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami ya Tuhan. Sesungguhnya Engkaulah yang maha perkasa lagi maha bijaksana.”

6. Doa Tolak Bala

Doa keselamatan ini bisa Anda panjatkan ketika memohon untuk terhindar dari siksa neraka dan bahaya yang terjadi kapanpun. Bacaan ini juga bisa Anda panjatkan untuk meminta keselamatan serta kesehatan dalam duniawi serta terhindar dari siksa akhirat. Begini bacaannya:

Baca Juga:  Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni’mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah. 

Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah.

Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ;izzati ‘an ma yashifun, wa salamun a’alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: 

“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hal Al Quran yang agung dan derajat Nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka.

Wahai Dzat yang maha pengasih. Maha suci Tuhan, Tuhan keagungan dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, semesta alam.”

Yuk, Selalu Amalkan Doa Memohon Selamat Dunia Akhirat!

Setelah sholat, alangkah baiknya memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk segala keselamatan dan ampunan. Doa selamat dunia akhirat di atas juga bisa Anda panjatkan karena bacaan tersebut merupakan bacaan yang spesial dan memiliki manfaat yang baik, sehingga baiknya selalu memanjatkan doa tersebut kapan pun. 

Doa ini menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa berhubungan dengan Allah dalam setiap momen kehidupan. Memanjatkan doa selamat dunia akhirat setelah sholat adalah tindakan yang sangat bermakna, mengingatkan kita akan pentingnya menjaga hubungan baik dengan Sang Pencipta.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait