Doa Nabi Sulaiman: Meminta Kekayaan hingga Mengusir Jin

Makin Rajin

Doa Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman as merupakan salah satu nabi kaya raya yang mempunyai banyak keutamaan dan kelebihan. Atas fadhilah serta mukjizat yang beliau miliki, Allah SWT juga telah menganugerahkan kepadanya berbagai macam doa istimewa yang selalu menjadi kenyataan . Doa ini selanjutnya bernama doa Nabi Sulaiman.

Hingga kini, doa tersebut masih melekat pada kehidupan umat Islam serta banyak dari mereka yang menggunakan wasilah (perantara) dari doa tersebut untuk memohon kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Allah selalu mengabulkan permintaan dan keinginan Nabi Sulaiman as. Sehingga Nabi Sulaiman as memanjatkan doa-doa sebagai bentuk ikhtiar dan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT. Berikut ini adalah lima macam doa Nabi Sulaiman. 

1. Doa Nabi Sulaiman untuk Memperoleh Kekayaan

Nabi Sulaiman as selalu memohon kepada Allah SWT untuk mendapatkan rezeki berlimpah atau kekayaan dengan mengamalkan bacaan yang selanjutnya bernama doa Nabi Sulaiman. 

Fakta terkabulnya doa tersebut bisa terbukti dengan melimpahnya harta yang beliau miliki. Beliau telah berhasil membangun sebuah istana kerajaan megah yang diyakini terletak di Palestina.  

Bahkan beberapa ahli memercayai bahwasanya Nabi Sulaiman as mempunyai kekayaan lebih dari 550 miliar dolar AS atau setara dengan 7,7 kuadriliun. Namun, angka tersebut hanyalah sebuah perkiraan. Kemungkinan kekayaan Nabi Sulaiman as akan jauh lebih banyak dari riwayat-riwayat yang telah ada sebelumnya.

Pada zaman kejayaannya, Nabi Sulaiman as pernah mempunyai pertambangan tembaga yang sukses. Pada saat itu, tembaga merupakan komoditi yang paling dicari sebab menjadi peralatan dan senjata yang paling banyak orang-orang gunakan. Maka tak heran, Nabi Sulaiman menjadi nabi dan manusia terkaya yang pernah ada di bumi.        

Baca Juga:  Arti Man Jadda Wajada Dan Manfaatnya Menurut Ajaran Agama Islam

Apabila seorang muslim sedang mengalami kesulitan terlebih dalam masalah rezeki, hendaknya ia berusaha sekuat tenaga serta mengamalkan doa Nabi Sulaiman terkait rezeki. Adapun, waktu yang pas untuk membaca doa ini yakni usai menunaikan salat fardhu atau salat dhuha.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak patut (dimiliki) oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” 

2. Doa Nabi Sulaiman untuk Bersyukur

Nabi Sulaiman as senantiasa memanjatkan serta mengamalkan doa untuk apa yang telah beliau raih dan peroleh. Adapun, doa adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala macam mukjizat, nikmat, dan keberkahan yang Allah telah berikan kepadanya.

Doa Nabi Sulaiman ini termaktub dalam surat An-Naml ayat 15 yang berisikan mengenai ungkapan penghargaan kepada Allah akan keutamaan dan keistimewaan yang beliau dan kaumnya dapatkan selama ini.     

Dalam doanya, Nabi Sulaiman as mengajarkan umat Islam untuk selalu mengungkapkan rasa syukur terhadap segala nikmat yang telah menjadi ketetapan takdir dari Allah SWT.

Melalui doa ini, setiap insan manusia akan selalu merasa cukup akan segala nikmat yang Allah berikan kepada hambaNya. Lalu, dengan selalu bersyukur akan membuat hati orang tersebut selalu tenang dan lebih bahagia.     

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: ‘Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.’

Baca Juga:  Doa Pagi Hari: Doa Memulai Hari Lengkap Beserta Arti dan Lafadz Latin

3. Doa Nabi Sulaiman untuk Meluluhkan Hati 

Kisah ini berawal dari pertemuan Nabi Sulaiman as dengan Ratu Balqis dari Negeri Saba yang terkenal makmur. Pada saat itu, Nabi Sulaiman as mengirimkan sebuah pesan melalui burung hud-hud untuk Ratu Balqis. 

Setelahnya, Ratu Balqis menerima surat dan memerintahkan orang kepercayaannya untuk membaca isi dari surat tersebut. 

Singkat cerita, Ratu Balqis yang dulunya sombong dan angkuh seketika luluh serta tunduk terhadap Nabi Sulaiman as. Berdasarkan kisah tersebut, doa Nabi Sulaiman berikut ini kerap menjadi doa pengasihan yang mampu menundukkan dan meluluhkan hati seseorang yang keras. 

Adapun dalam implementasinya, umat Islam dapat membaca dan memanjatkan doa ini sebanyak tiga kali saat selesai melaksanakan salat fardhu ataupun dengan keadaan yang suci dari hadas kecil dan besar.     

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Artinya: “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

4. Doa Nabi Sulaiman untuk Menjinakkan Hewan 

Salah satu nabi yang dapat berkomunikasi dan menjinakkan hewan adalah Nabi Sulaiman as. Fakta ini merupakan suatu hal yang mustahil terjadi pada manusia biasa.

Nabi Sulaiman as dapat berbicara dengan segala macam hewan serta dapat mengerti maksud dari perkataan hewan tersebut kepadanya, sehingga banyak dari hewan tersebut yang menjadi pengikut beliau. Maka tak heran, Nabi Sulaiman as juga mendapat julukan sebagai Raja Segala Makhluk.

Berikut ini adalah bacaan yang dapat menundukkan hewan buas menjadi jinak. Umat muslim juga dapat mengamalkan doa ini apabila sedang berada dalam situasi bahaya saat menjumpai hewan buas. Niscaya, Allah akan memberikan pertolongan pada hambaNya, sehingga dapat bebas dari ancaman hewan tersebut.

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Baca Juga:  Bacaan Sholawat Syifa: Arab, Latin, dan Terjemahan

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaKu dan datanglah kepadaKu sebagai orang-orang yang berserah diri.

5. Doa Nabi Sulaiman untuk Mengusir Jin

Tak hanya bangsa binatang saja, Nabi Sulaiman as juga dapat memerintahkan jin dan setan untuk turut serta tunduk kepadanya. Bahkan, jin dan setan itu turut serta membantu Nabi Sulaiman as untuk menjadi bala tentara dalam membangun istana kerajaannya yang megah. 

Selain itu, beliau menyuruh makhluk tersebut untuk mencari tembaga cair dari dalam perut bumi sebagai bahan untuk membuat istana, benteng, maupun perkakas lainnya.  Berdasarkan kemampuannya tersebut, Nabi Sulaiman as melafalkan bacaan yang berguna untuk menundukkan serta mengusir keberadaan jin.  

Sejatinya, mengusir jin juga menjadi salah satu mukjizat yang Nabi Sulaiman miliki.  Doa Nabi Sulaiman untuk mengusir jin ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia saat ini di mana mereka kerap menggunakannya untuk mengusir dan membentengi diri dari gangguan jin.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya, “Dengan nama Allah yang dengan menyebut-Nya tidak akan membahayakan sesuatu pun di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

اSudah Tahu Mengenai Doa Nabi Sulaiman? 

Pada intinya, doa Nabi Sulaiman ini sangatlah lazim dan populer di kalangan umat Islam. Terbukti dengan masih banyaknya kaum muslimin dan muslimat yang mengamalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 

Meskipun demikian, selain dengan membaca doa, seorang muslim harus senantiasa menyertainya dengan usaha dan tindakan yang tepat. Bagaimanapun doa hanyalah sebagai perantara untuk memohon yang terbaik kepada Allah, selanjutnya usaha manusia lah yang dapat menentukan hasil kedepannya.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait