Bacaan Doa Masuk WC/Toilet Lengkap Arab, latin Beserta Artinya

Solaeman Nur Rahman

Doa Masuk WC

AKURATNEWS – Aktivitas keluar masuk Wc atau kamar mandi merupaka hal yang sudah biasa kita semua lakukan sehari-hari, aktifitas tersebut kita lakukan tak lain sebagai media bersuci dari hadast besar ataupun kecil. Meskipun hal biasa namun perlu kita ingat bahwa ada beberapa adab yang harus kita perhatikan saat masuk dan keluar kamar mandi.

Salah satu adab yang harus kita perhatikan adalah berdoa ketika mau masuk dan keluar dari kamar mandi. Membaca doa saat masuk dan keluar dari kamar mandi bukanlah hal yang baru dan aneh, karena hal ini sudah diajarkan mulai sejak zaman Rashulullah SAW.

Rasulullah bersabda sebagai berikut:

وروينا عن علي رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال ستر ما بين أعين الجن وعورات بني آدم إذا دخل الكنيف أن يقول بسم الله رواه الترمذي

Artinya, “Diriwayatkan dari Sayyidina Ali ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Penghalang pandangan jin dan aurat manusia apabila ia memasuki kamar kecil/wc/toilet adalah bacaan ‘bismillāh,’” (HR At-Tirmiżi).

Sunnah Ketika Masuk Dan Keluar WC

Terkait hal-hal yang bisa dilakukan saat masuk dan keluar wc, sudah diterangkan dalam beberapa kitab fiqih. Salah satunya sebagai berikut:

سُنَنُ الاسْتِنْجَاءِ: (1) تَقْدِيْمُ الرِّجْلِ اليُسْرَى عِنْدَ الدُّخُوْلِ وَاليُمْنَى عِنْدَ الخُرُوْجِ. (2) أنْ يَقُوْلَ المُسْتَنْجِي عِنْدَ دُخُوْلِهِ (بِسْمِ اللهِ أعُوْذُ بِاللّهِ مِنَ الخَبَثِ والخَبَائِثِ) وَعِنْدَ خُرُوْجِهِ (الحَمْدُ لله الَّذِي أذْهَبَ عَنِّي الأذَى وَعَافَانِي). (3) أنْ يَبْتَعِدَ عَنْ أعْيُنِ النَّاسِ حَتَّى لَا يَرَاهُ أحَدٌ وَلَا يَسْمَعَ صَوْتَ مَا يَخْرُجُ مِنْهُ وَلَا يَشَمَّ رِيْحَهُ. (4) أنْ يَسْتَنْجِيَ بِيِدِهِ اليُسْرَى وأنْ يَغْسِلَهَا قَبْلَ الاسْتِنْجَاءِ وبَعْدَهُ. (5) أنْ يَسْتَبْرَئَ مِمَّا خَرَجَ مِنْهُ.

Sunnah-sunnahnya beristinja’, antara lain: 1. ketika masuk ke kamar mandi supaya mendahulukan kaki kiri dan ketika keluar dengan mendahulukan kaki kanan. 2. Orang yang hendak beristinja’ ketika masuk terlebih dulu mengucapkan: ”Bismillah a’udzu billahi minal khubutsi wal khobaaits”. Artinya: ” Dengan nama Allah SWT. saya berlindung kepada Allah SWT. dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan”. Kemudian setelah keluar, hendaknya mengucapkan: ”Alhamdulillahil ladzi adhaba ’annil adzaa wa’aafani”. Artinya: ” Segala puji bagi Allah SWT. yang telah menyingkirkan bahaya dan menyehatkan tubuhku”. 3. Menjauh dari pandangan orang atau ditempat yang tertutup yang tiada seorang pun dapat melihatnya, tidak pula dapat mendengar bunyi dari apa yang dikeluarkan dan juga tidak tercium baunya. 4. Melakukan istinja’ itu dengan tangan kiri dan sebelum beristinja’ tangannya supaya dibasuh dan juga sesudahnya. 5. Apa yang dikeluarkan supaya benar-benar tuntas.

Baca Juga:  Doa I'tidal: Bacaan Salat Lengkap dengan Lafadz Arab dan Terjemahnya

Perkara Yang Tidak Boleh Dilakukan DiDalam WC

Perkara Yang Tidak Boleh Dilakukan DiDalam WC

دَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ، ثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ سَلْمَانَ، قَالَ: قِيلَ لَهُ: لَقَدْ عَلَّمَكُمْ نَبِيُّكُمْ كُلَّ شَيْءٍ حَتَّى الْخِرَاءَةَ! قَالَ: أَجَلْ لَقَدْ نَهَانَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ بِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ، وَأَنْ لَا نَسْتَنْجِيَ بِالْيَمِينِ، وَأَنْ لَا يَسْتَنْجِيَ أَحَدُنَا بِأَقَلَّ مِنْ ثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ، أَوْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيعٍ أَوْ عَظْمٍ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad bin Musarhad telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari al A’masy dari Ibrahim dari Abdurrahman bin Yazid dari Salman dia berkata; dikatakan kepadanya; “Sungguh Nabi kalian telah mengajarkan kepada kalian segala sesuatu hingga urusan buang hajat?” Salman menjawab; “Benar, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang kami menghadap kiblat pada saat buang air besar atau buang air kecil, agar kami tidak beristinja dengan tangan kanan, agar salah seorang dari kami tidak beristinja dengan kurang dari tiga buah batu, atau beristinja dengan kotoran binatang atau tulang.”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ النُّفَيْلِيُّ، قَالَ : ثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ، عَنْ الْقَعْقَاعِ بْنِ حَكِيمٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّمَا أَنَا لَكُمْ بِمَنْزِلَةِ الْوَالِدِ أُعَلِّمُكُمْ فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْغَائِطَ فَلَا يَسْتَقْبِلْ الْقِبْلَةَ وَلَا يَسْتَدْبِرْهَا وَلَا يَسْتَطِبْ بِيَمِينِهِ، وَكَانَ يَأْمُرُ بِثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ وَيَنْهَى عَنْ الرَّوْثِ وَالرِّمَّةِ

Baca Juga:  Doa Ruku dalam Sholat Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya

elah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad an Nufaili telah menceritakan kepada kami Ibnul Mubarak dari Muhammad bin Ajlan dari al-Qa’qa’ bin Hakim dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya aku bagi kalian hanyalah seperti kedudukan orang tua, aku ajarkan kepada kalian; apabila salah seorang dari kalian mendatangi tempat buang air (untuk buang air), janganlah dia menghadap kiblat, jangan pula membelakanginya, dan jangan beristinja dengan tangan kanannya.” Dan beliau juga menyuruh untuk beristinja dengan tiga batu, serta melarang beristinja dengan kotoran binatang dan tulang basah.

Doa Masuk Dan Keluar WC

Doa Masuk Dan Keluar  WC

Berikut adalah lafal bacaan doa jika kalian hendak masuk WC dan keluar dari WC, berikut doanya:

1. Doa masuk WC

اللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allāhumma innī a‘ūżu bika minal khubuṣi wal khabā’iṣi.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.” Sumber: https://islam.nu.or.id/doa/doa-masuk-wc-atau-toilet-serta-faedahnya-hxjp7
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.”

2. Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

latin: Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah mensejahterakan.”

Dalil Membaca Doa Keluar Masuk WC

Dalil Membaca Doa Keluar Masuk WC

حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ وَعَبْدُ الْوَارِثِ ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ -قَالَ عَنْ حَمَّادٍ- قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ- وَقَالَ : عَنْ عَبْدِ الْوَارِثِ قَالَ أَعُوذُ بِاللَّهِ – مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
قَالَ أَبُو دَاوُد : رَوَاهُ شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ
وَقَالَ مَرَّةً : أَعُوذُ بِاللَّهِ
و قَالَ وُهَيْبٌ : فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad bin Musarhad telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dan Abdul Warits dari Abdul Aziz bin Shuhaib dari Anas dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila hendak masuk WC -dia (Musaddad) meriwayatkan dari Hammad- beliau mengucapkan: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu” -sedangkan yang dia riwayatkan dari Abdul Warits- beliau mengucapkan: “Aku berlindung kepada Allah dari setan jantan dan setan betina.” [Shahih]

Baca Juga:  Kumpulan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Abu Dawud mengatakan; Syu’bah meriwayatkan dari Abdul Aziz (dengan lafazh); “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu”, [Shahih] dalam kesempatan lain dia meriwayatkan (dengan lafazh); “Aku berlindung kepada Allah”, dan Wuhaib menyebutkan; “Hendaklah dia berlindung kepada Allah.”

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَمْرٍو -يَعْنِي السَّدُوسِيَّ-، قال: ثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ -هُوَ ابْنُ صُهَيْبٍ-، عَنْ أَنَسٍ، بِهَذَا الْحَدِيثِ، قَالَ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ
وَقَالَ شُعْبَةُ : وَقَالَ مَرَّةً : أَعُوذُ بِاللَّهِ

Telah menceritakan kepada kami al-Hasan bin Amru, yakni As Sadusi telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Syu’bah dari Abdul Aziz, yaitu Ibnu Shuhaib dari Anas dengan lafazh hadits ini, dia berkata; “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu.” Syu’bah mengatakan; suatu kali (Abdul Aziz) berkata; “Aku berlindung kepada Allah.”

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَرْزُوقٍ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ النَّضِرِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Telah menceritakan kepada kami Amru bin Marzuq telah mengabarkan kepada kami Syu’bah dari Qatadah dari an Nadhr bin Anas dari Zaid bin Arqam dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sesungguhnya tempat buang hajat itu dihadiri oleh setan-setan, maka apabila salah seorang dari kalian mendatangi WC, hendaklah dia mengucapkan; ‘Aku berlindung kepada Allah dari setan laki-laki dan setan wanita.”

Penutup

Demikian penjelasan dari kami tentang bagaimana adab dan doa masuk WC lengkap arab, latin dan artinya. Semoga kita semua bisa mengamalkan ajaran nabi dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu A’lam Bissowab.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait