Doa Nabi Yusuf: Arti, Cara Mengamalkan, Keutamaan, dan Manfaatnya

Makin Rajin

doa nabi yusuf

Doa memiliki peran penting sebagai ungkapan keinginan, permohonan, maupun menjadi bentuk komunikasi dengan Allah. Salah satu doa dengan keistimewaan adalah doa Nabi Yusuf yang terkenal dalam kisahnya yang menginspirasi banyak orang. Simak keutamaan dan cara mengamalkannya di sini!

Kisah Nabi Yusuf AS

Sebagai umat Muslim, tentu kita tahu bahwa kisah Nabi Yusuf telah tertuang dalam Al-Quran, yakni pada Qs Yusuf. Kisahnya kental dengan cerita persaudaraan yang rumit, rasa cemburu, serta fitnah yang Nabi Yusuf alami.

Salah satu momen penting dalam kisah Nabi Yusuf adalah ketika Beliau dijatuhkan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya yang cemburu. Di saat itulah, Nabi Yusuf berdoa dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT. 

Doa Nabi Yusuf ini menggambarkan keteguhan imannya. Meskipun dalam situasi yang sulit, beliau tidak menyerah pada keputusasaan, melainkan menguatkan hubungannya dengan Allah melalui doa.

Allah pun menjawab doanya dengan cara yang luar biasa. Setelah dilemparkan ke dalam sumur, Nabi Yusuf akhirnya diselamatkan. Kendati mengalami berbagai macam cobaan setelahnya, namun Nabi Yusuf menunjukkan kesabaran dan keteguhan imannya.

Kesabaran Nabi Yusuf tersebut akhirnya berbuah manis. Pada akhirnya, beliau diangkat menjadi seorang menteri di Mesir. Ini adalah salah satu contoh nyata bagaimana Allah SWT memperlihatkan keajaiban dalam menjawab doa hamba-Nya yang tulus dan sabar.

Baca Juga:  Doa Nabi Ibrahim kepada Allah SWT Semasa Hidupnya

Kumpulan Doa Nabi Yusuf dan Terjemahannya

Nabi Yusuf senantiasa berdoa dalam berbagai situasi sebagai wujud imannya kepada Allah. Berikut ini adalah doa-doa Nabi Yusuf yang perlu Anda ketahui dan amalkan:

1. Doa Agar Memiliki Wajah yang Bercahaya

Tentu kita tahu bahwa Nabi Yusuf memiliki paras yang sangat tampan dan bercahaya, hingga mampu memikat orang-orang yang memandangnya. Melalui doa, Nabi Yusuf memohon kepada Allah agar dianugerahi wajah yang bersinar dengan keimanan, kemuliaan, dan kasih sayang.

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي 

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

2.  Doa Memiliki Wajah dan Akhlak yang Menawan

Doa ini mengajarkan pentingnya memiliki wajah dan akhlak yang menawan. Wajah yang menawan tidak hanya menarik secara fisik, tetapi juga mencerminkan karakter yang baik dan perilaku yang santun.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ 

Artinya:

“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

3. Doa Terhindar dari Perbuatan Maksiat dan Dosa

Doa Nabi Yusuf ini mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memohon kepada Allah agar diberi kekuatan untuk menghindari godaan yang dapat menghalangi kita dari kebenaran dan kebajikan.

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ 

Artinya:

“Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

4. Doa Agar Dicintai

Berikutnya, doa yang menggambarkan betapa pentingnya memiliki pengaruh positif dan menjadi pribadi yang dicintai karena sikap, perilaku, dan budi pekerti yang baik.

Baca Juga:  Makna dan Bacaan Doa Nabi Yunus, Lengkap dengan Keutamaannya

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki rasa cinta kasih kepadaku.”

5. Doa Agar Mendapatkan Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Nabi Yusuf juga memanjatkan doa kepada Allah untuk diberikan keberkahan dalam rezeki, ketenangan dalam hidup, dan kebaikan di akhirat. Doanya ini mengajarkan kita untuk memfokuskan upaya tak hanya pada kehidupan duniawi, tetapi juga pada bekal akhirat yang abadi.

ما َّوَاْلِحْقِنْي ِۚة َتَوَّفِنْي ُمْسِل َيا َوا ٰاْلِخَر ِفى الُّد ْن ِۗض َاْنَت َوِلّٖي ْر الَّسٰمٰوِت َوا َاْل ْي ِۚث َفاِطَر ِمْن َت ْأِوْيِل ا َاْلَحا ِد ِنْي ِمَن ا ُمْلْلِك َوَعَّلْم َت ِنْي َت ْي َرِّب َقْد ٰاَت ِلِحَنْي ِبالّٰص

Artinya: 

“Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang shalih.”

Cara Mengamalkan Doa Nabi Yusuf

Mengamalkan doa Nabi Yusuf bukan hanya sekadar mengucapkan kata-kata, tetapi juga melibatkan perubahan dalam sikap, perilaku, dan pola pikir. Berikut adalah beberapa cara untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pahami Makna Doa

Sebelum berdoa, penting untuk memahami maknanya dengan baik. Renungkan setiap kata dan kalimatnya. Pahami tujuan dan pesan yang ingin disampaikan oleh Nabi Yusuf dalam doanya.

2. Menggabungkan Dalam Kehidupan

Doa Nabi Yusuf dapat kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika berinteraksi dengan orang lain, berusahalah untuk mencerminkan wajah dan akhlak yang baik. Serta menghindari perbuatan maksiat dan mendekatkan diri kepada Allah.

3. Berdoa di Waktu yang Tepat

Mengamalkan doa-doa Nabi Yusuf dengan berdoa di waktu yang tepat adalah langkah penting untuk mendapatkan manfaatnya. Waktu-waktu yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk diijabah oleh Allah adalah setelah shalat, ketika tahajjud, waktu antara adzan dan iqamah, dan saat dalam keadaaan sujud.

Baca Juga:  Kumpulan Doa Kafaratul Majelis Lengkap dan Artinya

Keutamaan dan Manfaat Mengamalkan Doa Nabi Yusuf

Doa-doa Nabi Yusuf memiliki sejumlah manfaat yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari segi spiritual maupun sosial. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Kedekatan dengan Allah

Mengamalkan doa Nabi Yusuf membantu memperkuat hubungan dengan Allah. Berdoa adalah bentuk komunikasi langsung dengan Sang Pencipta dan doa-doa Nabi Yusuf mencerminkan keimanan serta keteguhan hati kepada Allah SWT.

2. Pencegahan dari Perbuatan Maksiat

Doa agar terhindar dari perbuatan maksiat dapat membantu Anda menjauhkan diri dari godaan dosa dan melindungi diri dari perilaku yang tidak baik. Ini menjadi panduan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pengaruh Positif dalam Masyarakat

Mengamalkan doa Nabi Yusuf juga mempengaruhi hubungan sosial Anda. Sikap yang baik, akhlak yang luhur, dan upaya untuk mendapatkan kasih sayang dari orang lain dapat membantu Anda menjadi sosok yang berdampak positif dalam masyarakat.

4. Mengajarkan Keteguhan dan Kesabaran

Kisah Nabi Yusuf sendiri adalah contoh nyata tentang keteguhan iman dan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup. Sehingga, mengamalkan doa-doa beliau dapat memberi kekuatan untuk menghadapi tantangan dan ujian dengan kesabaran dan keyakinan.

Sudah Tahu Apa Saja Doa Nabi Yusuf?

Doa Nabi Yusuf tidak hanya menjadi contoh tentang bagaimana manusia bisa melalui kesulitan dengan sabar. Namun, juga mengajarkan tentang kekuatan keyakinan yang mendalam dalam menghadapi ujian hidup. Kisah beliau menginspirasi kita untuk tetap sabar dalam menghadapi ujian hidup. 

Selain cara mengamalkan di atas, Anda juga bisa mengamalkan doa-doa tersebut ketika bercermin atau memakan minyak wangi. Berdoalah juga sambil menahan napas dan tiupkan pada telapak tangan, lalu usapkan pada wajah setelah selesai.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait