Bacaan Doa Makan dalam Islam, Lengkap dengan Arti dan Adabnya

Makin Rajin

Makan merupakan keperluan harian manusia untuk mengisi energi tubuh dengan makanan yang sehat dan bergizi. Agama Islam menyarankan umatnya untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan sebagai ungkapan rasa syukur atas pemberian rezeki berupa makanan dari Allah SWT. 

Doa-doa tersebut juga membantu mengubah zat dalam makanan menjadi energi untuk melakukan aktivitas, termasuk ibadah. Ketika Anda mengiringi aktivitas makan dengan doa, tubuh akan menerima berkah yang tentunya juga akan berdampak pada perbuatan baik. Agar lebih paham, baca artikel ini sampai selesai!

Hadits Tentang Keutamaan Doa Makan

Sebagai seorang Muslim, berdoa merupakan tindakan yang harus Anda lakukan sebelum memulai aktivitas, termasuk sebelum dan setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keberkahan. Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu anha, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Apabila kalian hendak makan, bacalah ‘bismillah’, jika lupa tidak membaca basmalah di awal, bacalah ‘bismillahi fi awwalihi wa akhirihi. (HR Ahmad 25733, Turmudzi 1977 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).”

4 Macam Doa Makan dalam Islam

Berikut ini kami berikan doa makan baik sebelum, sesudah, saat lupa melafadzkan doa sebelum makan, dan setelah kenyang. Simak baik-baik ya!

Baca Juga:  Doa Nabi Sulaiman: Meminta Kekayaan hingga Mengusir Jin

1. Doa Sebelum Makan

Adapun bacaan mengenai doa sebelum makan, termasuk bacaan huruf Arab atau huruf Hijaiyah, terjemahan latin, serta arti dan maknanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

Allahumma baarik lanaa fi maa razaqtana wa qina adzaban nar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah SWT).”

2. Doa Sesudah Makan

Sesudah makan, Islam juga menganjurkan umatnya untuk membaca doa berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim.”

3. Bacaan Ketika Lupa Melafadzkan Doa Makan

Tahukah Anda bahwa ketika Anda lupa membaca doa sebelum makan, Anda bisa membaca doa pengganti? Untuk mengatasi kesalahan tersebut, Anda dapat membaca doa di bawah ini. Dengan begitu, ungkapan rasa syukur sebelum makan tetap bisa Anda lakukan dengan baik.

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

4. Doa Makan Setelah Kenyang

Agama Islam menganjurkan para umatnya untuk sebaiknya berhenti makan ketika perut mulai merasa kenyang. Oleh karena itu, makanlah sesuai dengan porsi dan kapasitas yang kamu miliki. 

Dengan begitu, penting untuk memperhatikan porsi makan agar bisa berhenti tepat ketika merasa sudah kenyang. Saat situasi ini terjadi, Anda dapat membaca doa berikut ini:

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ غَيْرَ مكفور وَلَا مُوَدَّعٍ

Alhamdulillahi hamdan katsiran thoyyiban mubarakan fihi ghaira makfurin wa muwadda’in.

Artinya: ”Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik, dan berkah, yang senantiasa tidak diingkari nikmatnya dan tidak terputus.”

Adab Saat Makan dalam Islam

Selain membaca doa makan baik sebelum dan sesudah makan, Anda wajib menerapkan beberapa adab berikut ini. Tujuannya makanan Anda menjadi lebih nikmat dan berkah:

Baca Juga:  Bacaan Sholawat Syifa: Arab, Latin, dan Terjemahan

1. Makan dan Minum Menggunakan Tangan Kanan

Tindakan ini adalah ajaran langsung dari Rasulullah SAW. Makan dan minum dengan tangan kanan melambangkan kebersihan dan rasa hormat terhadap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

2. Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan hal yang penting karena merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat makanan yang telah Allah SWT berikan. Selain itu, berdoa saat makan juga merupakan bentuk mengingat-Nya saat menyantap hidangan, sehingga akan semakin bersyukur terhadap nikmat-Nya.

3. Makan dengan Tenang dan Sopan

Selanjutnya, Anda seharusnya menikmati hidangan dengan tenang dan sopan. Hindari makan terburu-buru yang bisa mengganggu orang lain, terutama saat makan bersama-sama.

4. Makan Sambil Duduk

Selanjutnya, Islam juga menganjurkan Anda untuk makan dalam posisi duduk untuk menjaga kehormatan makanan agar tidak tumpah atau berserakan. Selain itu, juga untuk alasan kesehatan.

5. Menggunakan Wadah Makan

Penggunaan wadah seperti piring atau mangkuk untuk makanan sangat penting. Hindari makan langsung dari kuali atau panci agar makanan tetap bersih dan higienis.

6. Makan Secukupnya

Islam juga menganjurkan umatnya untuk memperhatikan porsi makanan agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Makanlah sampai merasa kenyang, cukup, dan seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Menjaga Kebersihan Saat Makan

Dalam Islam, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka dari itu, pastikan kebersihan sebelum dan sesudah makan, cuci tangan sebelum makan, dan cuci wadah makan setelah selesai, agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

8. Makan Makanan yang Halal dan Sehat

Perhatikan sumber dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Pastikan makanan berasal dari sumber yang halal dan menyehatkan, karena makanan akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan perilaku manusia.

Macam-macam Makanan yang Dianjurkan Islam

Selain doa makan, Islam juga menganjurkan makanan yang halal dan sehat untuk dikonsumsi. Makanan tersebut harus berasal dari zat yang baik dan memiliki nilai gizi yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa contohnya:

Baca Juga:  Bacaan Doa Sebelum Tidur Dan Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunah

1. Sayur-sayuran

Sayuran menjadi sumber makanan yang mengandung banyak vitamin yang penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh, sehingga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Beberapa contoh sayuran yang Islam anjurkan adalah timun, tomat, bayam, dan masih banyak lagi.

2. Daging Hewan Ternak

Hal tersebut karena mengandung sumber lemak, protein, dan zat besi yang baik untuk tubuh jika Anda konsumsi dalam porsi yang tepat. Daging sendiri dapat berasal dari hewan seperti ayam, sapi, kambing, dan ikan.

3. Karbohidrat

Asupan karbohidrat juga sangat penting. Berbagai sumber karbohidrat seperti beras, singkong, ubi, talas, gandum, dan jagung memberikan energi yang tubuh Anda sangat butuhkan setiap hari.

4. Susu

Baik yang berasal dari hewan maupun nabati, susu merupakan asupan makanan yang berbentuk cairan. Susu sendiri berasal dari sumber hewani, seperti sapi, selain itu ada juga keju, mentega, dan yoghurt.

Selain dari sumber hewan, ada juga asupan makanan dari sumber nabati, seperti jus kedelai dan butter yang juga memiliki banyak manfaat. Makanan tersebut membantu menjaga kekuatan stamina dan tenaga dalam tubuh.

5. Buah-buahan

Buah-buahan juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jika kurang menyukai sayuran, maka buah-buahan bisa menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Raih Berkah Allah SWT dengan Mengamalkan Doa Makan!

Dengan mengamalkan doa sebelum dan sesudah makan beserta adabnya, Anda dapat meraih berkah dari Allah SWT dalam setiap hidangan yang Anda santap. Makanan yang halal dan sehat menjadi kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan keimanan. 

Mari kita terus berusaha memperbaiki tata cara makan sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah-Nya. Sehingga, setiap makanan menjadi ladang pahala dan kesempatan untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan begitu, Anda dapat meraih berkah-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait