Doa Ruku dalam Sholat Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya

Makin Rajin

Doa Ruku

Dalam ajaran Islam, ruku termasuk salah satu rukun sholat yang wajib Anda lakukan. Tidak hanya gerakannya, Anda juga wajib melafalkan doa ruku sesuai dengan sunnah Rasullulah SAW. 

Berbicara tentang ruku, mungkin Anda sudah tidak asing dengan bacaannya. Sebab, doa ini akan selalu Anda lafalkan ketika sholat, baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah. Meski demikian, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih detail tentang doa ruku beserta manfaatnya yang sangat besar untuk manusia.

Bacaan Doa Ruku Sholat Sesuai Sunnah Rasullulah SAW

Berdasarkan sumber buku Quantum Ibadah, ruku dan sujud menjadi salah satu bentuk kepatuhan umat manusia kepada Allah SWT. Harapannya, ketika umat Muslim beribadah, maka lunturlah segala bentuk kesombongannya. Untuk itu berikut adalah doa ruku:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ

Subḥāna Rabbiyal-‘Aẓhīmi wa bihamdihi

Artinya: “Maha Suci Rabbku yang Maha Agung dan memujilah aku kepada-Nya.”

Ketika ruku, Anda harus membacanya serta melakukan gerakan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Inilah tata caranya:

  1. Mengawali ruku dengan takbiratul ihram dan mengangkat kedua tangan.
  2. Posisi kedua tangan wajib sejajar dengan telinga (khusus laki-laki) dan sejajar dengan dada (khusus perempuan). Gerakan tersebut harus disertai dengan mengucap takbir (Allahu Akbar).
  3. Turunkan tangan ke lutut dan badan dalam kondisi membungkuk.
  4. Jari-jari tangan renggang dengan posisi siku tangan lurus atau tidak menekuk.
  5. Punggung dalam kondisi lurus dan sejajar dengan kepala serta tidak membungkuk.
  6. Bagian lutut tidak boleh menekuk, melainkan lurus tegak.
  7. Pandangan mata ketika ruku adalah lurus ke tempat sujud.
  8. Baca doa ruku sebanyak 3 kali sebelum Anda kembali ke posisi awal.
  9. Posisi berdiri kembali akan dilakukan dengan mengangkat kedua tangan dan mengucapkan kalimat “sami’allahu limah hamidah”.
Baca Juga:  Doa Nabi Musa yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Ruku untuk Kesehatan

Meski ruku memiliki gerakan yang cukup sederhana, namun manfaatnya sangat besar untuk kesehatan. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Jika kita telaah, nyatanya antara gerakan dan doa ruku sama-sama singkat. Namun, siapa sangka jika gerakan ringan ini mampu melancarkan sirkulasi darah Anda, tepatnya pada tubuh bagian atas. 

Biasanya, bagian tubuh tersebut rentan mengalami gangguan sirkulasi peredaran darah. Dengan rutin melakukan ibadah, Anda tidak hanya mendapatkan pahala yang besar, melainkan juga manfaat kesehatan. 

2. Menyehatkan Mental

Dalam beberapa penelitian, olahraga ringan seperti yoga mampu memberikan dampak yang bagus untuk mental. Nah, sholat yang memiliki gerakan ringan pun bisa digolongkan ke dalam salah satu aktivitas yang mempengaruhi mental seseorang. 

Bahkan, fakta ini pernah diangkat ke dalam pembahasan ilmu pengetahuan modern. Ketika Anda beribadah, harmonisasi perasaan yang muncul pasti akan mendatangkan ketenangan dan kedamaian. 

Perasaan tersebut sepenuhnya tercipta dari diri Anda karena merasa dekat dengan Sang Pencipta. Inilah yang membuat aspek psikologis dan spiritual bersatu sehingga memperbaiki kondisi mental.

3. Mempengaruhi Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak bagus akan memunculkan penyakit-penyakit dalam tubuh Anda. Untuk itu, gerakan sholat seperti ruku dan sujud akan membantu Anda mendapatkan postur tubuh yang tegak dan bagus. Sebab, ketika melakukannya, tubuh akan berada pada titik terbaik keseimbangan.

Terlebih Anda juga harus membaca doa ruku terlebih dahulu yang membuat tubuh dapat ditopang lebih lama. Sholat yang Anda lakukan sebanyak 5 kali dalam sehari akan membiasakan postur tubuh terlatih agar lebih tegak dan sejajar. 

Baca Juga:  Niat Solat Tarawih dan Witir, Hukum beserta Tata Caranya

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya, sholat tidak hanya sebagai bentuk kewajiban umat Muslim kepada Allah SWT, melainkan juga menjadi salah satu bentuk olahraga. Oleh karenanya, manfaat dari ruku juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia, bahkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Gerakan-gerakan sholat lebih banyak melibatkan haluan pada daerah arteri belakang sehingga berdampak pada tekanan darah yang mengalir ke jantung. Ketika sirkulasi darah lancar, maka jantung pun akan sehat. Begitu pula dengan penyumbatan darah yang bisa saja muncul tanpa Anda sadari.

Melalui ruku, penyumbatan tersebut akan berangsur lancar. Maka dari itu, sunnahnya membaca doa ruku harus Anda lakukan dengan perlahan agar manfaatnya bisa lebih terasa. Tidak hanya ketika ruku, namun sujud juga demikian.

Gerakan sujud akan membuat posisi jantung berada lebih tinggi daripada otak. Hal ini akan memberikan manfaat baik untuk otak karena bisa langsung mendapatkan suplai oksigen dari jantung yang berasal dari darah.

5. Meredakan Nyeri

Manfaat ruku yang berikutnya adalah meredakan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti telapak kaki, pinggul, tulang belakang, hingga dengkul. Tak hanya itu, posisi ruku juga memungkinkan untuk mengurangi rasa sakit pada punggung area bawah, sendi pinggul, hingga sumsum tulang belakang.

Dengan ruku secara rutin, sendi akan semakin sehat dan berfungsi dengan lebih baik. Secara keseluruhan, sholat mampu meregangkan bagian sendi mulai dari bahu, siku, lutut, hingga pinggul.

6. Mendamaikan Jiwa

Jika melakukan sholat saja Anda akan mendapatkan kesehatan mental, maka sholat yang Anda lakukan dengan khusyu akan memberikan ketenangan jiwa. Terlebih dalam sholat terselip doa ruku dan doa-doa lain yang mampu menjadikan jiwa manusia terasa semakin dekat dengan Allah SWT.

7. Melancarkan Pencernaan

Manfaat ruku yang terakhir adalah melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Gerakan ruku akan mendorong metabolisme dalam tubuh agar bergerak dengan lancar. Alhasil, tidak hanya sirkulasi darah yang membaik, namun sistem pencernaan juga akan lancar.

Baca Juga:  Sholawat Mughrom: Teks Arab, Latin, Arti, & Keutamaannya

Hikmah Mengamalkan Doa Ruku

Meski menjadi salah satu rukun dalam sholat, namun membaca doa ruku juga bisa memberikan hikmah tersendiri untuk Anda. Mau tahu apa saja hikmah tersebut? Simak jawabannya di bawah ini:

1. Menghapuskan Dosa

Menyempurnakan ibadah adalah kewajiban semua umat Muslim. Sebab, Allah SWT menyukai hamba-Nya yang patuh dan berusaha berubah menjadi yang lebih baik lagi. Dengan menyelipkan doa ruku secara tidak langsung akan membuat dosa Anda ikut luntur seiring dengan lantunan ayat yang terucap.

Dalam hadistnya, doa ini cukup ampuh untuk meluruhkan dosa. Sebab, saat ruku Anda akan berada di posisi menunduk dan merendahkan diri di hadapan Sang Pencipta. Saat inilah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Doa Berpeluang Terkabul

Sholat memiliki beberapa gerakan ringan. Dari beberapa gerakan tersebut, ruku mampu menjadi perantara untuk Anda berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. 

Antara ruku dan sujud memiliki posisi yang hampir sama. Menundukkan kepala dan membaca doa dengan khusyu akan memungkinkan doa Anda cepat terkabul.

Amalkan Doa Ruku untuk Menyempurnakan Sholat Anda

Melalui penjelasan di atas, kesimpulannya adalah doa ruku memiliki berkah dan manfaat yang besar untuk Anda. Untuk menghafalnya pun Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Sebab, doa tersebut mengandung ayat yang pendek. Mungkin satu kali membacanya langsung hafal. 

Selain itu, dengan mengamalkan doa ini, Anda juga bisa merasakan kedamaian jiwa dan kesehatan mental. Ingatlah bahwa Allah SWT adalah tempat terbaik untuk Anda mengadu dan mendapatkan sumber ketenangan. Untuk itu, perbaiki sholat Anda baik dari segi bacaan, gerakan, hingga doa-doa lainnya.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait