5 Doa Bulan Rajab dan Bentuk Amalan yang Penuh Keutamaan

Makin Rajin

doa bulan rajab

Bulan Rajab merupakan bulan yang sangat mulia dan istimewa. Bahkan, banyak orang yang memberikan sebutan bulan itu sebagai bulannya Gusti Allah karena penuh kemuliaan. Untuk itu, Anda sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk banyak membaca doa bulan Rajab.

Doa dan Amalan Bulan Rajab

Berikut ini beberapa doa dan amalan pada bulan istimewa ini yang bisa Anda amalkan:

1. Doa Menyambut Bulan Rajab

Untuk menyambut bulan Rajab, Anda bisa mengamalkan doa ini:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna Ramadhana

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan.”

2. Doa dari Sayyidina Ali Radhiyallahu ‘Anhu

Berdasarkan sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Sayyidina Ali, doa yang bisa Anda amalkan saat bulan Rajab yaitu:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَصَابِيْحِ الْحِكْمَةِ، وَمَوَالِي النِّعْمَةِ، وَمَعَادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ، وَلَا تَأْخُذْنِيْ عَلَى غِرَّةٍ، وَلَا عَلَى غَفْلَةٍ، وَلَا تَجْعَلْ عَوَاقِبَ أَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً، وَارْضَ عَنِّيْ؛ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ، وَأَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ، وَأَعْطِنِيْ مَا لَا يَنْفَعُكَ، فَإِنَّكَ الْوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ، الْبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ، فَأَعْطِنِي السَّعَةَ وَالدَّعَةَ، وَالْأَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَى، وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَى أَوْلِيَائِكَ، وَأَعْطِنِي الْيُسْرَ، وَلَا تَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ، وَاعْمُمْ بِذٰلِكَ أَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَإِخْوَانِيْ فِيْكَ، وَمَنْ وَلَدَنِيْ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Baca Juga:  Bacaan Doa Nurbuat, Arti, Manfaat, dan Cara Mengamalkannya Lengkap

Allahumma sholli ‘ala Muhammaddin wa alihi mashabihil hikmati, wa mawalin ni’mat, wa maádinil ‘ishmati, wa’shimni bihim min khulli suuin, wala ta’khudzni ‘ala ghirratin. Wala ala ghoflatin, wala taj ál ‘awaaqiba amri hasratan wa nadamatan, warda anni, fa inna maghfirotaka lidzolimina, wa’ana minazhalimin.

Allahummaghfirli ma la yadhurruka, wa’thini ma la yanfa’uka, fainnakal wasi’atu rahmamtuhu, al badi’atu hikmatuhu, fa’thinis sa’ata wad da’ata, wal amna was-shihhata, wasy syukra wal mulmua’afata wat taqwa.

Wa afrighis shabra was shiddqa ‘alayya wa ‘ala awliyaika, wa’ thinil yusra, wala taj’al maáhul usra. Wa’ mum bidzalika ahli wa waladi waikhwani fika, waman waladani minal muslimina wal muslimati wal mu’minina wal mu’minati.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkan rahmat ta’dzim kepada Muhammad dan keluarganya yang menjadi pelita-pelita hikmah, pemilik kenikmatan, sumber perlindungan. Jagalah kami-sebab (keberkahan) mereka-dari keburukan. Dan jangan engkau ambil kami dalam kondisi tertipu, tidak pula dalam keadaan lupa.

Jangan jadikan akhir urusan kami sebagai penyesalan. Ridhoilah kami. Sesungguhnya ampunan-Mu bagi orang-orang yang zalim, dan aku bagian orang yang zalim itu. 

Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang tidak pernah bisa membahayakan-Mu, berilah aku sesuatu yang memang tak ada manfaatnya sama sekali untuk-Mu. Sesungguhnya Engkau itu maha luas rahmat-Nya. 

Hikmahnya yang sangat indah. Berikan kami kelapangan dan ketentraman, keamanan dan kesehatan, serta rasa syukur, selamat sentosa dan ketakwaan. Serta berikan kesabaran dan kejujuran kepada kami dan orang-orang yang Engkau cintai. Berikan kami pula kemudahan yang tidak ada kesulitannya sama sekali. 

Semoga itu semua juga Engkau berikan bagi keluarga kami, anak kami, saudara-saudara kami seagama. Dan Engkau berikan kepada orang tua yang telah melahirkan kami, dari muslimin muslimat, mukminin mukminat.”

3. Dzikir Bulan Rajab

Tidak hanya doa, di bulan Rajab Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan untuk kita memperbanyak dzikir yang dilanjutkan dengan mengangkat tangan sambil mengucapkan:

Baca Juga:  Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat Ibu Hamil Harus Tau

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ

Allahummaghfirli wa tub ‘alayya

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku dan terimalah tobatku.”

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengamalkan dzikir lainnya secara lebih rinci seperti berikut:

  • 1 sampai 10 Rajab: Subhaanallâhil hayyil qayyûm.  
  • 11 sampai 20 Rajab: Subhânallâhil ahadish shamad
  • 21 sampai 30 Rajab: Subhânallâhir raûf

Adapun masing-masing dzikir tersebut bisa Anda amalkan sebanyak 100 kali atau lebih. Semakin banyak Anda baca, maka akan semakin baik karena dzikir juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di bulan Rajab.

4. Doa Lainnya

Berikut ini doa lainnya yang bisa Anda amalkan di bulan Rajab:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu ‘alayna bil-amni wal imani wassalamati wal islaami, Robbi wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan. Dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabbku dan Rabbmu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).

5. Amalan Lain di Bulan Rajab

Selain doa tersebut, berikut ini beberapa amalan lainnya yang bisa Anda amalkan pada bulan Rajab:

a. Memperbanyak Istighfar

Pada bulan Rajab, Anda sangat dianjurkan untuk memperbanyak istighfar. Bahkan, berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa siapa pun yang membaca istighfar maka akan dibuatkan baginya 80 negeri di dalam surga. 

Ini juga berarti bahwa jika Anda memperbanyak istighfar, maka nanti di akhirat Anda akan dibangunkan rumah yang sangat Indah. Tidak hanya itu, akan ada juga beberapa bidadari yang menemani Anda.

b. Membaca Al Qur’an dan Surat Al-Ikhlas

Membaca dan mengamalkan Al-Quran merupakan anjuran utama karena memang manfaatnya yang sangat besar. Tidak hanya mendatangkan pahala, membaca Al- Quran juga bisa mendatangkan ketenangan. 

Baca Juga:  Doa Adzan: Sebelum dan Sesudah Adzan serta Keistimewaannya

Anda bisa membaca Al- Quran surat apa pun. Namun untuk bulan Rajab, ada anjuran untuk membaca doa dengan diiring amalan surat Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali. Surat ini bisa Anda amalkan setiap harinya jika Anda mampu. 

Jika Anda merasa terlalu banyak, maka mungkin di awal Anda bisa membacanya sedikit terlebih dahulu. Untuk kemudian bisa Anda tingkatkan jumlahnya hingga mencapai jumlah 1.000 kali. 

c. Berpuasa

Puasa merupakan amalan yang  menyehatkan dan membawa banyak keberkahan untuk tubuh dan hidup Anda. Adapun anjuran puasa sunnah pada bulan Rajab maksimal 10 hari. 

Bahkan, hanya dengan berpuasa sehari di bulan Rajab, Anda bisa mendapatkan pahala berpuasa untuk setahun. Selain itu, jika Anda berpuasa sebanyak tujuh hari, maka akan ditutup pintu-pintu neraka jahanam.

Menariknya lagi, jika Anda berpuasa sebanyak delapan hari, maka akan terbuka untuk Anda delapan pintu surga. Lebih lanjut, jika Anda berpuasa 10 hari, maka Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan Anda.

Sudah Tahu Doa di Bulan Rajab?

Ada banyak hal yang bisa Anda amalkan di bulan Rajab, mulai dari membaca doa hingga berpuasa. Namun, alangkah lebih baik jika Anda mengamalkan semuanya agar lebih berkah dan membuat Anda lebih dekat dengan Allah SWT. 

Akan tetapi, jika Anda merasa tidak sanggup, Anda bisa pilih salah satu amalan yang memungkinkan untuk Anda lakukan. Misalnya dengan membaca doa dan berzikir setiap harinya sesuai dengan kemampuan Anda. 

Semoga dengan memahami makna dan pentingnya doa dalam bulan Rajab, kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, merenungkan kebesaran-Nya, serta memperbaiki hubungan spiritual dan akhlak kita.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait