Founder Mpok Nini Deni Ardini Menjadi Pembicara pada Seminar “Menjadi Digitalpreneur Bagaimana Mengawaliny”

AKURATNEWS.COM--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Webinar : “Menjadi Digitalpreneur  Bagaimana Mengawalinya”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu  H. Ahmad Syaikhu yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI Komisi I. Narasumber kedua adalah Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI serta mengundang Deni Ardini selaku Founder Mpok Nini. Seminar ini diselenggarakan pada hari Rabu, 27 April 2022 melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya ;  Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Sesi paparan diawali oleh sambutan dari Bapak H. Ahmad Syaikhu selaku Anggota Komisi I DPR RI. Dalam paparanya mengatakan bahwa kita sedang mengalami dunia yanga dimana adanya perubahan-perubahan yang sedemikian cepat dan saat ini kita sedang memasuki era revolusi industry 4.0 atau era digital.  Ditandai dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang sedemikian massif dan penggunaan-penggunaan yang sungguh luar biasa sebagai sarana untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

Dunia digital yang serba bisa menjadikan potensi besar bagi kita yang ingin terjun dan berusaha, karena itu kita mengajak anak-anak muda agar tertarik untuk menjadi wirausahawan di dunia digital atau digital preneur dalam rangka memajukan perekonomian bangsa Indonesia. Tidak hanya itu Bapak H. Ahmad Syaikhu berharap semoga acara ini akan mampu melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang akan membangkitkan masyarakat dan ekonomi bangsa Indonesia.

Selanjutnya Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI melalui tampilan video. Dalam video tersebut Bapak yang akrab dipanggil Bapak Semmy menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju dengan adanya panedemic covid-19 telah mendorong kita untuk berinteraksi dan  melakuakan berbagai aktivitas melalui platform digital, kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa kita berada di era percepatan trasnformasi digital.

KOMINFO mengemban pada Presiden Jokowidodo sebagai garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia. Dalam mencapai visi dan misi tersebut kementrian KOMINFO berperan sebagai regulator, fasilitatir, eksalator di bidang digital diindonesia. Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM digital kementrian KOMINFO bersama gerakan nasional literasi digital, serta jejaring hadir untuk memberikan perhatian informasi digital yang menjadi kemampuan digital ditingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital.

Selanjutnya adalah paparan materi oleh Bapak Deni Ardini selaku Founder Mpok Nini. Dalam paparannya dijelaskan bahwa Jika kita mau berkarya maka kita harus mengetahui fesyen kita. Karena kalo kita bekerja dengan fesyen maka kita akan sangat menikmati. Digital marketing merupakan kemampuan kita membaca situasi atau kita mampu cerdik membaca situasi, maka kita harus mampu menguasai ilmu lapangan. Dan bagaimana kita mampu berkolaborasi dengan perbedaan-perbedaan yang ada artinya bahwa hari ini kita harus membaca dan mampu meyatukan hal tersebut.

Deni Ardini juga mengatakan bahwa  menjadi digitalpreneur yang sukses di Indonesia yang umunya di bagi menjadi tiga yaitu : yang pertema kita menguasai media sosial seperti facebook, Instagram, tiktok dan lain-lainya, mengusai marketplace seperti shopee, Tokopedia, bukalapak dan lain-lainya dan terakhir memiliki website.

Setelah paparan materi dari ke empat narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Dari 232 peserta, terdapat tiga pertanyaan yang terpilih. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta. Para peserta yang bertanya juga mendapat doorprizes. Setelah selesai sesi diskusi, moderator mengembalikan acara kepada MC.

MC memberikan plakat kepada para narasumber secara online sebagai simbolis ucapan terima kasih. Diakhir acara juga dilakukan foto bersama dengan seluruh peserta dan pukul 17.30 acara resmi ditutup oleh MC. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga