Innalillahi, Seorang Jemaah Haji Meninggal Dunia di Pesawat Saat Menuju ke Tanah Suci

Innalillahi, Seorang Jemaah Haji Meninggal Dunia di Pesawat
Innalillahi, Seorang Jemaah Haji Meninggal Dunia di Pesawat

AKURATNEWS - Seorang jemaah haji Indonesia meninggal dunia saat berada di pesawat menuju ke Madinah, Arab Saudi.

Jemaah yang wafat tersebut adalah Muslim Abdul Wahab Salam (52), dari Embarkasi Banda Aceh. Ia meninggal pada pukul 04.00 dini hari, Waktu Arab Saudi (WAS).

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag), tamu Allah asal Indonesia yang meninggal ada lima orang per Rabu, 15 Juni 2022.

Kasi Kesehatan Bandara Daker Bandara, dr Agus Sultoni menuturkan, saat di pesawat, 15 menit sebelum landing berdasarkan data Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), almarhum mengeluh mual dan sudah muntah.

Lalu, almarhum langsung ditangani oleh tim medis TKHI di pesawat.

"Lalu diinfus dan diobservasi perkembangannya. Bahkan sudah dilakukan berbagai upaya. Tapi kondisi jemaah semakin memburuk," jelasnya.

Namun tak bisa diselamatkan, ungkap dr Agus, almarhum dinyatakan meninggal dunia di dalam pesawat.

Selanjutnya, dr Agus menyatakan bahwa penyebab dari meninggalnya almarhum Muslim yaitu disebabkan penyakit jantung dan infeksi paru.

"Penyebab kematian sementara, jika dilihat dari kartu kesehatan ada riwayat jantung, infeksi paru, ada hiper kolesterol. Diduga meninggal akibat penyakit jantung," ungkapnya.

Terkait proses pemakaman jenazah, dr Agus mengatakan, almarhum akan diurus oleh pihak maskapai yang akan berkoordinasi dengan Daker Bandara dan Muassasah Adilla.***

Penulis: Azril Ramadhansyah
Editor: Alamsyah

Baca Juga