Jaga Ketahanan Pangan, Lanal Palu Tebar 5.000 Ekor Bandeng

Banawa Utara, Akuratnews.com - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla menghadiri acara penebaran 5.000 ekor benih Ikan Bandeng di Lahan Tambak Binaan Lanal Palu, Desa Batu Rokok, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala. Sulawesi Tengah.

Penebaran bibit ikan bandeng dilakukan bersama-sama Perwira Staf Lanal Palu Ketua Jalasenastri Cab. 4 Korcab VI DJA II dan Pengurus Jalasenastri, Babinsa Desa Batu Rokok Kodim 1306/Dgl, Kepala Desa Batu Rokok Kabupaten Donggal, H. Isyak dan Ibu serta H. Taufik bersama Crew Samson Fishing Clup disaksikan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Palu menyampaikan dengan optimalisasi lahan tidur menjadi lahan tambak produktif budi daya Ikan Bandeng diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian serta gizi masyarakat pesisir khususnya Kab. Donggala.

"Semoga masyarakat akan semakin sadar, bahwa lahan pesisir yang selama ini dianggap tidak produktif ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian yaitu dengan kreativitas yang salah satunya budidaya ikan bandeng," ungkap Danlanal Palu.

Lebih Lanjut, Danlanal Palu juga mentargetkan, setiap bulan ada 3 hektar lahan tidur di pesisir pantai Kabupaten Banawa dapat dijadikan sebagai tambak produktif dengan melibatkan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala. Adapaun tujuannya, untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat pesisir dan kemajuan Kabupaten Donggala, saat Pandemi Covid 19 yang belum juga reda.

"Program ketahanan pangan merupakan wujud aksi arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar Wilyah Jajarannya dapat mempertahankan aspek ketahanan Pangan, pelaksanaan ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh Komando atas serta anjuran pemerintah dalam mengatasi ketahanan Pangan disaat Pandemi Covid 19," terangnya.

Danlanal Palu berharap, semoga 5 bulan kedepan, benih ikan bandeng yang ditebar dapat dipanen dengan hasil yang memuaskan. Sehingga dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Donggala.

"Dan hal ini dapat menjadi menjadi contoh yang baik untuk masyarakat wilayah pesisir atau para pembudidaya lainnya. Ucapan terimakasih tidak lupa kami sampaikan kepada para tokoh masyarakat dan pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini," tandasnya.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga