Sepak Bola

Kalahkan Porto 1-4, Liverpool ke Semifinal Liga Champions

Jakarta, Akuratnews.com - Liverpool memantaskan diri melaju ke semifinal Liga Champions 2018/2019 usai mengalahkan FC Porto. Pada laga kedua perempatfinal yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, The Reds -julukan Liverpool- menang dengan skor telak 4-1.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool berhak merebut tiket ke semifinal dengan skor agregat 6-1. Pada babak semifinal, The Reds –julukan Liverpool– akan mendapat tantangan berat dari Barcelona FC, yang pada perempatfinal mengandaskan Manchester United.

Pada babak pertama, Porto langsung memberi ancaman kepada Liverpool. Jesus Corona melancarkan tembakan yang nyaris membuka keunggulan. Tetapi bola masih melambung tipis di atas gawang Alisson.

Pada menit 10, Porto terus mengancam melalui sektor sayap. Namun usaha mereka masih tetap gagal. Tampil di hadapan publik sendiri, Porto menunjukkan agresivitas yang luar biasa. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan hingga pertengahan babak pertama.

Pada menit 26, keadaan berbalik. Liverpool mampu mencetak gol yang membuat publik Porto terdiam. Gol tersebut dicetak Sadio Mane melalui sontekan di depan gawang setelah meneruskan umpan Mohamed Salah.

Sayangnya gol tersebut sempat dianulir hakim garis karena offside. Tetapi VAR menyatakan hal berbeda dan gol Mane dinyatakan sah. Papan skor berubah Liverpool unggul 1-0 atas Porto. Unggul 1-0, Liverpool kini justru tampil lebih percaya diri.

Meski Porto masih menguasa bola, tapi mereka tak seagresif seperti pada awal babak pertama. Liverpool pun mampu mengatur tempo dengan baik. Kedudukan tak mengalami perubahan, babak pertama Liverpool unggul 1-0.

Usai jeda, Porto masih menguasai jalannya pertandingan. Tim tuan rumah masih melakukan serangan untuk bisa mencetak gol. Namun, serangan-serangan Porto mampu dipatahkan Liverpool dengan mudah.

Pada menit 65, Porto kembali kebobolan. Kali ini gol dicetak sang pemain andalan Liverpool yakni Mohamed Salah. Berawal dari serangan balik Salah mampu memanfaatkan umpan apik dari Trent Alexander-Arnold untuk mencetak gol. Liverpool unggul 2-0.

Tetapi tak berselang lama, Porto mampu memperkecil ketertinggalan. Kali ini gol Porto dicetak Eder Militao. Memanfaatkan umpan sepakan pojok Alex Telles, Militao menanduk bola tersebut dan tak mampu dibendung Alisson. Porto pun mencetak gol. Namun begitu, Liverpool masih unggul dengan skor 2-1.

Meski masih memimpin skor, Liverpool tampaknya belum puas. Mereka mencetak gol kembali untuk memperlebar jarak kedudukan. Kali ini giliran Roberto Firmino yang menyumbangkan gol untuk Liverpool. Meneruskan umpan silang Jordan Henderson, Firmino menyelesaikan dengan sempurna dan membuat jala Porto terkoyak. Liverpool unggul 3-1.

Belum sampai di situ, Liverpool masih menambah gol pada menit 84. Gol kini dicetak Virgil Van Dijk yang memanfaatkan skema sepak pojok. Berawal dari umpan Mane, Van Dijk menuntaskan bola tersebut dengan baik. Liverpool unggul 4-1.

Keadaan tersebut pun tak berubah hingga laga berakhir. Liverpool menang dengan skor 3-1 dan memastikan diri lolos ke babak semifinal dengan skor agregat 5-1 atas Porto.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (c), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

Porto (3-4-3): Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona, Hector Herrera (c), Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi, Moussa Marega, Otavio.

Penulis: Mujiono

Baca Juga