Idul Adha 1440 Hijriyah

Kasau: Kurban Tingkatkan Derajat Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah

Kasau, Marsekal TNI Yuyu Sutisna. (Foto. Dispenau)

Jakarta, Akuratnews.com - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha bertujuan meningkatkan derajat keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala (SWT) serta wujud kepedulian sosial dan kasih sayang kepada sesama.

"Ibadah kurban tidak hanya memiliki dimensi spiritual kepada Allah SWT, namun juga dimensi sosial kepada sesama manusia, tentunya dilandasi dengan niat yang ikhlas semata-mata hanya mengharap rida Allah SWT," kata Kasau dalam keterangan pers Dispenau saat penyerahan dan pemotongan hewan kurban di gedung penunjang Denma Mabesau Cilangkap Jakarta Timur, Senin (12/8/2019).

"Dalam kehidupan sebagai prajurit yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, harus percaya bahwa setiap pengorbanan yang dilakukan baik waktu, harta maupun tenaga yang diniatkan untuk beribadah kepada-Nya, maka Allah SWT akan membalasnya dengan sesuatu yang lebih baik," sambungnya.

Pada kesempatan ini, Kasau juga mengajak kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintah, menjauhi larangan-Nya, dan banyak berdoa agar menjadi hamba-Nya yang ikhlas dan pandai bersyukur.

Di akhir sambutannya Kasau menegaskan, jika setiap kita adalah Ibrahim dan setiap Ibrahim punya Ismail, maka Ismailmu mungkin hartamu, Ismailmu mungkin jabatanmu, Ismailmu mungkin egomu. Ismailmu adalah sesuatu yang sangat kau sayangi dan kau pertahankan di dunia ini.

"Semoga Allah SWT menganugerahkan kesalehan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail kepada kita semua, agar mengaplikasikannya dalam kehidupan sebagai insan yang bertakwa," tutup Kasau.

Pada hari raya kurban tahun ini, ketua panitia ibadah kurban Denma Mabesau Letkol Adm Ade Prihanto, menerima 29 ekor hewan kurban, terdiri dari 19 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Selanjutnya daging hewan kurban ini akan dibagikan kepada PNS golongan I, II, dan honorer Mabesau serta warga di sekitar lingkungan Mabesau.

Sementara itu, keluarga besar Dinas Penerangan Angkatan Udara turut menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dan tiga ekor kambing dari Museum Pusat Dirgantara Mandala yang diperuntukkan bagi masyarakat di sekitar Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut, Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten, para Kadis, dan Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna serta ibu-ibu pengurus pusat Pia Ardhya Garini lainnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor: Redaksi

Baca Juga