Kerjasama Baznas-Lulu Hypermarket Mudahkan Masyarakat dalam Berkurban

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta (batik warna merah) saat melakukan pembayaran kurban melalui kasir Lulu Hypermarket, didamping GM Operasional Lulu Hypermarket, Guruh Munzir (batik warna coklat).

Tangerang, Akuratnews.com - Demi memudahkan masyarakat berkurban di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan pusat perbelanjaan Lulu Hypermarket dengan membuka gerai 'Kurban Berdayakan Desa'.

Layanan Kurban di gerai Lulu Hypermarket sudah dapat dinikmati usai peresmian kerjasama antara kedua pihak di Lulu Hypermart Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Kamis (1/8/2019).

Peresmian tersebut turut dihadiri langsung oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta, dan General Manager (GM) Operational LuLu Hypermarket Guruh Munzir.

Arifin Purwakananta mengatakan, masyarakat bisa menunaikan ibadah kurban ke Baznas dengan melakukan pembayaran di kasir setiap cabang LuLu Hypermarket.

"Menunaikan kurban melalui Lulu Hypermarket sangat mudah. Pertama, pelanggan mendaftar terlebih dahulu di costumer service, kedua, melakukan pembayaran kurban di kasir sebesar Rp 2.500.000," katanya.

Selain bukti bayar dari Lulu Hypermarket, pelanggan juga akan memperoleh laporan pelaksanaan kurban dari Baznas.

"Selain proses pembayarannya yang mudah, dengan menunaikan Kurban ke Baznas melalui Lulu hypermarket, masyarakat dapat ikut berperan dalam pemberdayaan desa. Karena Program kurban berdayakan desa yang Baznas selenggarakan, akan mendorong peningkatan sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan budaya di desa," katanya.

Dalam Kurban Berdayakan Desa, hewan kurban dibeli langsung dari peternak di desa, disembelih dan didistribusikan di desa. Sehingga, peternak dan masyarakat desa semakin berdaya dan merasakan manfaat dari kurban yang kita tunaikan.

"Dengan keikutsertaan masyarakat luas dalam Kurban Berdayakan Desa, selain memiliki nilai ibadah, tentu juga mampu mendukung pengentasan kemiskinan di Indonesia," kata Arifin.

Sementara itu, GM Operational Lulu Hypermarket, Guruh Munzir menyambut baik kerjasama antara Baznas dan Lulu Hypermarket.

"Alhamdulillah ini adalah tahun kedua adanya kerjasama Lulu dan Baznas untuk memberdayakan potensi kurban yang ada," kata Guruh.

Ia bercerita bahwa potensi kurban di Jakarta sangat besar antara lain Sapi sekitar 4.000 Kambing 34.000 dan Domba sekitar 2000. "Ini potensi yang sangat besar sekali, gak usah muluk-muluk bila 50 persen, 10 persen saja bila terserap melalui Baznas atau melalui Lulu (maka) impeknya akan besar sekali," terangnya.

Karena itu, Guruh berterimakasih kepada Baznas dilibatkan dalam membangun ekonomi kerakyatan dengan moto dari kota untuk desa.

"karena ini konsepnya bagus sekali dari kota untuk desa jadi selama ini orang dari desa itu mungkin gak cicipin kurbannya. Tapi dari kota, orang kota yang berkurban melalui Lulu Hypermarket dan departemen store kambingnya dibeli di desa, dipotong di desa dan disalurkan lagi ke desa, jadi komplit 100 persen untuk desa, dan ini pasti akan meningkatkan ekonomi," tuturnya.

"Membeli kambingnya dari situ, pemanfaatannya dari situ dan yang terlibat juga orang-orang desa, masyaAllah suatu niat yang bagus sekali. InsyaAllah pak kedepannya kita juga akan siap bukan hanya kerjasama kurban saja karena potensi kedepan sangat bagus," tambahnya.

Selain kerjasama Kurban Berdayakan Desa, Lulu Hypermarket juga mempunyai niatan untuk bekerjasama dengan Baznas dalam membangun ekonomi keumatan dalam bentuk usaha konkret.

"InsyaAllah kita siap menjadi fasilitator untuk menjebatani juga menjadi entri poin bagi Baznas, insyaAllah Lulu juga ingin ikut berkontribusi positif untuk meningkatkan ekonomi terutama ekonomi umat pedesaan," tandasnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor:Redaksi

Baca Juga