KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Ketum PPP

Jakarta, Akuratnews.com - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, Romahurmuziy berhalangan datang ke KPK hari ini. Ia menuturkan, penyidik KPK akan menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Sebelumnya, Romy panggilan akrab Romahurmuziy ini dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan hari ini, Senin (20/8/2018). Romy diperiksa sebagai saksi kasus suap dana perimbangan daerah pada rancangan APBN-Perubahan Tahun Anggaran 2018.

"Ada satu saksi yang hari ini tidak hadir yaitu Romahurmuziy, Ketua Umum PPP. Tadi ada staf yang bersangkutan yang datang mengantarkan surat, mengatakan bahwa saksi tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain," ujarnya di kantor KPK, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).

Febri mengatakan Romy akan diperiksa sesuai dengan kapasitasnya sebagai Ketua Umum PPP. "Yang perlu kami dalami sejauh mana pengetahuan saksi terkait dengan orang-orang yang berada di kepengurusan PPP maupun pihak lain yang terkait dengan perkara ini," kata dia.

Diketahui sebelumnya, penyidik KPK telah menggeledah rumah salah satu pengurus PPP dan menemukan uang sejumlah lebih dari satu miliar US dolar Singapura. Febri mengatakan, yang bersangkutan telah menjalani pemeriksaan oleh KPK.

Febri menuturkan, penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Romy, yaitu pada hari Kamis (23/8/2018). Ia berharap Ketua Umum PPP ini dapat memenuhi panggilan KPK untuk memberikan keterangan terkait kasus suap yang melibatkan pejabat nonaktif Kementerian Keuangan Yaya Purnomo.

"Kami harapkan pada hari kamis nanti, yang bersangkutan bisa hadir dan dapat diperiksa sebagai saksi. Karena KPK perlu mengkonfirmasi beberapa informasi yang sudah kami dapatkan," tukasnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga