Kunjungi RPH Krian, Bupati Muhdlor Pastikan Daging yang Dipotong Bersih dan Halal

Sidoarjo, Akuratnews.com - Bupati dan Wabup Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi, didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Eni Rustianingsih mengunjungi rumah pemotongan hewan (RPH) berteknologi modern milik Pemkab, berlokasi di Kecamatan Krian, Kamis (4/3/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui dari dekat pemotongan hewan berteknologi modern di RPH Krian, serta memastikan daging dari hasil pemotongan di RPH ini bersih, utuh dan dijamin halal.

"Saya kira arah utama kenapa RPH Krian ini dimodernisasi, tentu ingin memastikan daging yang beredar dan diterima masyarakat Sidoarjo itu aman, utuh dan halal," kata Bupati Muhdlor pada para pewarta.

Ditambahkan, sebagai pemerintah, pihaknya berkewajiban hadir dan mengawal peredaran daging yang terjamin halal, bersih dan layak dikonsumsi masyarakat.

"Kami wajib menjamin daging itu halal, tidak berpenyakit dan aman dikonsumsi masyarakat, karena mayoritas masyarakat Sidoarjo adalah muslim. Terpenting, kita dapat meminimalisir daging gelonggongan. Terkadang, orang beli daging sekilo, ternyata banyak kandungan airnya," ujarnya.

Melihat hal itu, Bupati Muhdlor meyakini masyarakat bakal memilih jasa pemotongan di RPH Krian.

"Selain bersih dan halal, juga ongkos jasanya lebih murah," tandasnya.

Menurut sumber RPH Krian, semisal, pemotongan sapi, ongkos jasa potongnya dipatok Rp400 ribu/ekor, sudah termasuk pengepakan daging, kulit dan kepalanya. Terbilang, lebih ringan dibanding bila di luar RPH, yakni kisaran Rp700 ribu - Rp800 ribu.

Kunjungan itu, diikuti pula oleh Sekda A. Zaini, Asisten AdPem dan Kesra Setda, Moh. Ainur Rahman, Kepala Dinas Perikanan, M. Bachruni Aryawan.

Baca Juga