Perbaikan Lubang di Jalan Raya Simpang Mampang Bukan Tanggung Jawab Pemkot Depok

Depok, akuratnews.com- Pasca amblas, akses Jalan Raya Sawangan menuju Jalan Margonda dipersimpangan jalan di Mampang, Pancoran Mas Kota Depok jadi berlubang sepanjang beberapa meter dan memperparah arus lalu lintas pada jam tertentu sejak Kamis malam,(27/6/2019).

Pantauan akuratnews.com, terdapat lubang besar pada akses jalan utama yang amblas tersebut. Ukuran lubang panjangnya sekitar dua meter dengan lebar satu setengah meter.

Lubang tersebut juga berImbas antrean kendaraan yang semakin mengular lantaran ruas jalan dilokasi itu jadi menyempit. Lubang di jalan itu juga dinilai membahayakan pengendara yang melintas.

Kondisi itu juga diperkirakan akan terjadi lama lantaran pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tak mampu berbuat banyak atas kondisi jalan yang amblas dan berlubang itu lantaran kewenangan jalan itu ada di Pusat.

Pasca jalan amblas, Wali Kota Depok, Mohammad Idris langsung lakukan tinjauan lapangan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Jumat,(28/6/2019).

"Kasusnya segera diserahkan kepada pemerintah Pusat sesuai kewenangan jalan tersebut (Jalan Raya Simpang Sengon sampai Simpang Bojongsari) karena otorita PUPR Pusat" kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Untuk penanganan sementara, pihak Pemkot Depok sudah menurunkan Sargas banjir untuk melakukan onservasi lapangan dan pengamanan keadaan fisik.

"Melalui DPUPR, saya minta agar PUPR pusat agar segera melakukan penanganan permanen dengan membuat jembatan baru atau menggunakan Box Culvert dan tidak mengurangi penampang basah" kata Idris.

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengaku pihaknya telah lakukan penanganan sementara pasca amblasnya jalan tersebut.

"Semalam kita sudah antisipasi banjir dan amankan keliling jebolan dengan rambu-rambu dan kita serahkan kepada pusat untuk selanjutnya jangan sampai kita disalahkan jika terjadi hal yang tak diinginkan" ucap Dadan saat dihubungi akuratnews, Jumat sore,(28/6/2019).

Sebelum kejadian, lanjutnya, pihak kami sudah dilayangkan surat ke pusat namun sebelumnya dilaksanakan sama pusat kondisi jalan keburu ambruk. Tutupnya.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga