Tabir Gelap Pemilu 2019

Miris, Ketua KPPS di Yogyakarta Gantung Diri Usai Pencoblosan

Ilustrasi

Jakarta, Akuratnews.com - Pemilu 2019 menjadi salah satu pemilu paling pelik yang pernah diselenggarakan KPU. Pemilu ini juga mencatat banyaknya petugas yang meninggal dunia karena kelelahan dan faktor stres akibat tekanan politis yang begitu kencang.

Salah satu petugas yang kedapatan meninggal dunia adalah Tugiman (53 tahun), Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 21 Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Yogyakarta.

Mirisnya, Tugiman ditemukan tewas di belakang rumahnya akibat gantung diri. Kematian Tugiman menimbulkan tanda tanya besar dan spekulasi beragam dari publik. Apa dasarnya Tugiman nekat mengakhiri hidup dengan tragis.

Diberitakan, Sebelum melakukan aksi nekatnya, Tugiman sempat pulang sesudah perhitungan surat suara di TPS 21. Tugiman bahkan sempat terlihat oleh putrinya, Dea Fauziah Isnaini (16), anak kedua dari Tugiman saat pergi ke kebun di samping rumah.

Mengutip media nasional, sekira pukul 09.00 WIB, sang Putri sempat mendengar ada suara “bruk” yang cukup keras, namun, karena mengira yang jatuh adalah seng, sang anak memutuskan untuk tidak menghiraukannya. Kemudian sekira pukul 11.00 WIB, ia bersama dengan Kenwati (45), istri Tugiman, mendapati Tugiman sudah tergantung di belakang rumah.

Tepatnya, Tugiman tergantung di tempat jemuran. Keduanya lantas berteriak minta tolong melihat Tugiman yang bergantung di sudut belakang rumahnya.

Pihak Kepolisian yang mendapatkan informasi tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian guna melakukan olah TKP. Setelah diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Sleman, mereka tidak mendapati adanya luka akibat penganiayaan.

“Murni karena gantung diri,” kata Kapolsek Sleman, Kompol Sudarno, Jumat malam (19/4/2019).

Saat ditanya apakah bunuh diri ini berkaitan dengan Pemilu 2019, ia menegaskan bahwa tidak ada kaitannya. Ia mengungkapkan bahwa proses perhitungan di TPS 21 Tridadi sudah selesai, dan kotak suara sudah disetor ke kecamatan. Karena murni bunuh diri, pihak keluarga pun memakamkan jenazah di sore harinya, tepatnya pukul 16.00 WIB.

Hingga kini belum diketahui apa motivasi Tugiman hingga nekat mengakhiri hidupnya seusai melaksanakan tugas pemungutan suara. Kematian Tugiman menjadi misteri di Pemilu 2019. **

Penulis:

Baca Juga