Seminar Literasi Digital

Ngobrol Bareng Legislator, Mengenal Metaverse Era Baru Dunia Digital

AKURATNEWS.COM- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Ngobrol Bareng Legislator “Mengenal Metaverse Era baru Dunia Digital".

Kegiatan ini turut mengundang narasumber yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Dr. Ir. H. Helmy Faishal Zaini selaku Anggota Komisi I DPR RI, Semuel Abrijani Pangerapan., B.Sc selaku Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom. selaku Dosen Prodi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, seta Affix Mareta selaku Chief Product Office AXAR School sekaligus Dosen IT Universitas Bunda Mulia. Seminar online ini diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Mei 2022 melalui platform zoom meeting secara online.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Kementrian Kominfo terhadap peningkatan optimalisasi pelaku pengguna media sosial di Indonesia dan pengenalan metaverse sebagai era baru dunia digital yang belum banyak masyarakat tahu akan hal tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai komponen masyarakat.

Seminar Literasi Digital ini memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah Mengedukasi masyarakat terkait etika dalam bermedia sosial dan Mengedukasi kepada masyarakat terkait era baru dunia digital yang akan datang. Dalam sambutannya,  Dr. Ir. H. Helmy Faishal Zaini menjelaskan bahwa metaverse ini sebagai bonus demografi.

Selanjutnya Bapak Dr. Ir. H. Helmy Faishal Zaini mengajak para hadirin untuk menjadi bagian penting dalam sebuah transformasi besar ini, artinya tidak hanya sebagai objek saja akan tetapi menjadi aktor yang terlibat dalam perkembangan dunia digital dan mateverse ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan video sambutan Semuel Abrijani Pangerapan., B.Sc menyampaikan bahwa kehadiran teknologi digital dalam kehidupan kita ini menegaskan bahwa dunia sedang ada dalam percepatan transformasi digital.

Dalam sambutannya melalui video, Semuel Abrijani menjelaskan; "engan adanya percepatan transformasi digital ini harus dibekali dengan literasi digital yang baik," kata Samuel, di Jakarta pada Rabu (25/04).

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi dari  Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom, Beliau menjelaskan terkait metaverse yang merupakan sebuah konstruksi virtual dimana orang-orang dapat berkomunikasi dengan diri sendiri menggunakan avatar tanpa batas ruang dan waktu.

Dalam paparannya Maria Octavianti menjelaskan bahwa metaverse ini membuat para investor untuk melakukan investasi dalam pengembangan metaverse.

"Dampak baik dan buruknya era metaverse ini tergantung pada diri pengguna masing-masing dan yakin bahwa semua pihak yang terkait akan selalu berupaya untuk mencegah dampak buruk dari era metaverse tersebut," kata Maria.

Selanjutnya, pemaparan materi dari  Affix Mareta yang mana Beliau menjelaskan tentang 5 komponen penting yang sangat membantu dan berpengaruh dalam perkembangan dunia metaverse. Lima komponen penting tersebut yaitu, Immersive Technology, Artificial Intelligence (AI), 3D Modeling, Hardware, dan 5G atau Super Speed Internet.

Setelah paparan materi selesai, moderator membuka sesi tanya jawab hingga closing statement dari narasumber yang hadir secara online maupun offline. Kegiatan webinar ini diikuti oleh peserta seminar online yang berjumlah 250 peserta.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga