Pangkalan TNI AL Palu Gelar Pisah Sambut Danlanal

Palu, Akuratnews.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu menggelar acara pisah sambut Komandan Lanal (Danlanal) dari pejabat lama Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang, S.E kepada pejabat baru Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lanal Palu Jl. Transulawesi Donggala kelurahan Watusampu Kota Palu Sulteng, pada Sabtu (28/12/2019).

Sejumlah pejabat Forkopimda Sulteng tampak hadir, mulai dari Gubernur Sulteng diwakili Sekda Pemda Prov Sulteng Hidayat Lamakarate, M.Si, Ketua DPRD Prov Sulteng diwakili Wakil Ketua III Muharram Nurdin, Kapolda Sulteng diwakili Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Nurwindiyanto, Kabinda Sulteng Kombes Pol I Nyoman Astawa, Danrem 132/Tdl Kolonel Inf. Agus Sasmitha, Dansat Brimob Polda Sulteng AKBP Sony Sanjaya.

Selain itu, hadir Bupati Donggala diwakili Kakesbangpol Donggala, Kapolres Donggala diwakili Wakapolres Donggala, Kepala BNN Prov Sulteng Brigadir Jenderal Polisi Suyono, Kajati Sulteng, Dirpolairud Polda Sulteng Kombes Pol Indra Ratata, Walikota Palu Bpk. Drs. Hidayat, Danyonif 711/Rks Letkol Inf. Pantouw, Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh, SIK, SH. MH, Kakansar Palu Bpk. Basarno.

Hadir pula, Mitra Lanal Palu, Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Palu, Ibu Ketua Korcab 4 Cabang VI Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Anggia Dewi Rahadian Rahmadi, Ny. Eka Tommy Herlambang, Pengurus dan Anggota Jalasenastri Lanal Palu, seluruh Prajurit dan PNS Lanal Palu, Media Cetak dan Elektronik Palu Sulawesi Tengah dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam pesan dan kesan selama menjabat, Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sulteng yang terus bersinergi dan mendukung Lanal Palu selama masa jabatan 1 tahun 9 bulan Ia menjabat.

"Begitu juga saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pejabat Forkopimda, dan seluruh instansi vertikal serta Pemda Kabupaten dan Kota se-Sulawesi tengah atas dukungan dan kerjasama selama ini," kata Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang.

Ia menambahkan, Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala pernah merasakan ujian dari Allah, berupa bencana gempa, tsunami dan likuifaksi, 28 September 2018 lalu. Dan seluruh prajurit serta ibu-ibu Jalasenastri ikut menikmati satu tenda pengungsian.

"Moment ini tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. Meski demikian, Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk berbuat sesuatu untuk Kota Palu yang kita cintai bersama ini," ucapnya.

Kepada Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla beserta ibu, Ia mengucapkan selamat atas jabatan sebagai Danlanal Palu yang baru di Bumi Tadulako sesuai amanat yang dipercayakan pimpinan TNI AL.

"Akhirnya sebagai manusia biasa, kami sekeluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami memohon diri untuk menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara ditempat yang baru," ujarnya.

Sementara itu, Danlanal Palu Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla di dampingi ibu Ketua Korcab 4 Cabang VI disela-sela sambutannya mengatakan permohonan dan perkenannya Gubernur, seluruh unsur Forkopimda, pejabat Kabupaten dan kota se-Sulteng untuk menerima dan meningkatkan silaturahmi yang baik, demi kemajuan Sulawesi Tengah.

"Kepada Kolonel Laut (P) Tommmy Herlamban selamat bertugas di tempat kedinasan yang baru, terima kasih atas dedikasi, kerja keras dan sumbangan pemikiran serta usaha-usaha selama menjabat Danlanal Palu," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sulteng yang diwakili Sekda Propinsi, Hidayat Lamakarate, mengucapkan terimakasih kepada pejabat Danlanal Palu yg lama Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang atas dedikasi dan pengabdiannya dalam menjaga keamanan dan pertahanan di laut.

"Trimakasih pula, bhaktinya dalam membantu menanggulangi bencana alam gempa bumi dan likuifaksi di kota Palu, Sigi dan Donggala setahun yang lalu. Karena telah membantu masyarakat dalam mendirikan tenda pengungsian dan membantu pendistribusian bantuan kepada para korban," tuturnya.

Dan kepada Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, lanjutnya, saya mengucapkan selamat bertugas sebagai pejabat Komandan Lanal Palu yang baru. "Harapan saya, agar tetap menjalin komunikasi dengan Pememerintah Provinsi Sulteng, agar keamanan dan pembangunan di Sulawesi Tengah terus berjalan dan meningkat," tandasnya.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga