Pangkostrad Resmi Buka Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad di Cilodong

Depok, Akuratnews.com - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Besar Harto Karyawan, resmi membuka Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang VIII tahun 2019 di Kostrad Cilodong, Kota Depok, Rabu,(2/10/2019).

Dalam amanatnya Pangkostrad menyampaikan pada latihan yang mencapai kurang lebih tiga bulan akan dapat mencapai sasaran dan tujuan yang telah diterapkan.

Pada setiap prajurit yang telah selesai menempuh latihan dengan baik, Pangkostrad mengatakan maka akan mendapat brevet Cakra dan mampu sebagai prajurit yang disiplin, tangguh, militan dan propesional yang mencintai dan dicintai oleh rakyat.

"Setiap prajurit Kostrad harus miliki kualitas kemampuan dan militansi yang dilandasi tekad untuk dapat mewujudkan propesionalisme sebagai seorang prajurit Kostrad", ujar Pangkostrad.

Kepada para prajurit Kostrad, Pangkostrad juga menyampaikan bahwa para prajurit yang mengikuti latihan adalah prajurit yang telah terseleksi dengan baik dan telah memenuhi syarat untuk mengikuti latihan standarisasi ini.

"Kalian (prajurit) juga harus mengasah dan menempatkan delapan kekuatan Cakra yang sudah ada dalam diri kalian", tegasnya.

Sementara itu, dituturkan Pangkostrad, delapan kekuatan Cakra antaralain, menempatkan niat yang baik untuk semua, perhatikan sikap dan prilaku serta berpenampilan yang berkharisma, pancarkan kemampuan pandangan mata pancaran pandangan mata yang kuat mampu menahlukan dan mengayomi dengan kasih sayang dan pelindung.

Setiap prajurit kostrad lanjutnya, harus mampu berkomunikasi dengan baik mampu berdialog, berdebat dan berdiplomasi. Prajurit harus selalu siap sedia harus mampu miliki daya imajinasi yang tinggi.

Selain itu, mampu membaca situasi mampu memprediksi dan mampu memecahkanya. Prajurit kostrad juga harus mampu mengambil keputusan yang benar, terbaik sesuai pimpinan pengawalan sesuai hati nurani.

"Tiap prajurit harus miliki kemampuan keyakinan yang tinggi akan kemampuan yang dimiliki", jelas Pangkostrad.

Sementara itu teknis latihan Standardisasi Prajurit Kostrad, akan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap basis selama tujuh minggu di Cilodong, tahap kedua hutan gunung selama tiga minggu di Sanggabuana komplek, dan terakhir tahap rawa laut selama dua minggu bertempat di Sukabumi.

Ikut serta dalam acara upacara pembukaan latihan ini antara lain Kaskostrad Mayjen TNI M. Bambang Taufik, Pangdivif 1 kostrad, Ir Kostrad, Koorsahli, Asren Kostrad, Para Asisten Kaskostrad, LO, Pa Ahli, Kabalak Kostrad, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, Komandan satuan jajaran Kostrad, dan Danramil Sukmajaya mewakili Kodim 0805 Depok.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga