Paparkan Peta Jalan Indonesia Digital, Menkominfo Dorong Kadin Ambil Peran

AKURATNEWS - Pemerintah telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Dalam peta jalan itu, selain memuat agenda percepatan transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perluasan pasar dalam negeri bagi produk lokal.

Menkominfo Johnny G. Plate mengajak Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengambil bagian akselerasi transformasi digital di Indonesia. “Kita mendorong bagaimana KADIN ikut bersama-sama dengan program Pemerintah, salah satu program Pemerintah yang penting adalah transformasi digital,” ujarnya usai mengikuti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN 2021, yang berlangsung secara hibrida dari Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Denpasar, Jumat (03/12/2021) malam.

Menteri Johnny memaparkan peta jalan untuk akselerasi transformasi digital yang membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk KADIN. “Makanya, tadi di pertemuan bersama KADIN, khususnya di bidang wirausaha, kita menyampaikan bagaimana potret ICT dan rencana pembangunan di Indonesia yang merupakan bagian dari Roadmap Digital Indonesia 2021-2024,” jelasnya.

Menkominfo menekankan agar pasar (demand) dalam negeri harus bisa dipenuhi dengan hasil produksi dalam negeri. “Nah ini melalui apa? Banyak kegiatannya, termasuk Kominfo memberikan dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tuturnya.

Gernas BBI menurut Menteri Johnny merupakan salah satu program yang menjadi titik penting bagi kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah derasnya arus digitalisasi.

“Melalui program GNBBI, saya mengharapkan para pelaku UMKM mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia lewat stimulus pelatihan ataupun pendampingan aktivitas bisnis ke ruang digital,” jelasnya.

Bahkan, Menkominfo juga mendorong platform digital e-commerce dan marketplace untuk menyerap hasil produksi di dalam negeri. Hasilnya, di tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah berhasil mendorong lebih dari 3,8 juta pelaku usaha kreatif dan UMKM onboarding ke platform e-commerce.

“Kontribusi untuk UMKM, kita sama-sama semuanya bekerja untuk mendorong agar UMKM menjadi UMKM digital onboarding itu bisa kita lakukan dengan baik dan saat ini sudah lebih dari 16 juta dari 64 juta UMKM Indonesia sudah menjadi digital,” jelasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Wahyu Wicaksono

Baca Juga