Gelar Kejurnas

PB FISI Targetkan Dua Emas di SEA Games 2019

Jakarta, Akuratnews.com - Federasi Ice Skating Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bertajuk Indonesia Figure Skating National Championship 2019 di Oasis Center Arena, Jakarta, 13-14 April 2019. Memasuki edisi ke-6, kejurnas kali ini diikuti 98 peserta.

Menariknya, kejurnas kali ini tidak hanya diikuti oleh atlet tuan rumah. Tercatat, ada beberapa atlet dari Malaysia, Vietnam, hingga Korea Selatan yang turut ambil bagian dalam event kali ini.

Kejurnas FISI 2019 kali ini juga merupakan seleksi untuk menatap gelaran SEA Games yang berlangsung di Filipina, November mendatang. Ketua Umum (Ketum) FISI Susan Herawati menargetkan membawa pulang dua medali emas dan satu perak.

"Kejurnas ini merupakan seleksi kita untuk di nomor figure. Kami dari FISI sendiri menargetkan untuk membawa pulang dua medali emas dan satu perak di SEA Games (2019) Manila. Dua emas itu dari nomor figure dan short track putra dan putri," kata Susan saat ditemui wartawan.

"Pelatnas sendiri kita sudah mulai dari Januari ada 24 atlet, kami pelatnas mandiri. Tapi nanti kita seleksi lagi hingga 14 atlet 10 short track, 4 figure," timpal Susan.

Lebih lanjut, Susan mengungkapkan, FISI rencananya akan menggelar training camp (TC) ke luar negeri pada Juli mendatang. Pilihannya, Susan mengatakan antara Korea Selatan atau Rusia.

Kejurnas FISI 2019 mendapat tanggapan positif dari Komite Olahraga Indonesia (KOI). Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) KOI, Hellen Sarita De Lima menyebut, penyelenggaraan kejurnas ini merupakan langkah bagus untuk menyaring atlet-atlet berbakat yang akan dikirim ke SEA Games 2019.

"Kami harap dengan kami mengirimkan skater untuk ice skating nanti ke SEA Games itu berarti atlet-atlet muda harus bisa dirangkul oleh FISI karena ke depan kita harus banyak punya atlet yang ahli di figur dan short track," ungkap Hellen.

Selain itu, Hellen juga mengaku senang dengan target yang diberikan FISI untuk gelaran SEA Games 2019 mendatang. Menurutnya, target tersebut merupakan sebuah peningkatan setelah di SEA Games 2017 Malaysia, cabor ice skating hanya menyumbang satu perak dan satu perunggu.

"Itu berarti ice skating bisa jadi olahraga prioritas untuk kita pikirkan ke depan untuk partisipasi di multievent lainnya," pungkasnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga