Ekonomi

Pemerintah Akan Salurkan KUR Bagi Pensiunan PNS

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir

Jakarta, Akuratnews.com - Pemerintah akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pensiunan pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya, selama ini KUR hanya disalurkan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, saat ini pemerintah masih menyusun skema pemberian KUR ini. Hal ini disambut baik oleh PNS karena bisa membantu mereka berpenghasilan setelah habis masa jabatannya.

"Permenko baru harmonisasi, animo banyak. Karena animo banyak PNS, swasta rupanya mereka sudah mulai berusaha gitu menjelang pensiun," ujarnya di Forum Merdeka Barat 9 di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Kamis (4/04/2019).

Menurut dia, selama ini banyak PNS yang berwirausaha kecil-kecilan untuk penghasilan tambahan. Oleh karenanya, saat pensiun merupakan waktu yang tepat untuk mereka menekuni usahanya tersebut.

Pemerintah berencana agar KUR pensiunan PNS hanya akan disalurkan bagi sektor produktif. "(Sektor produktif?) Ya. Jumlah yang menginginkan banyak. Ketika melihat data banyak. Ketika PNS ternyara dia sudah bisnis kecil-kecilan. Maka itu ada usulan. Itulah latar belakangnya," ucapnya.

Sementara itu, beleid yang mengatur pemberian KUR ini diperkirakan selesai sebelum Mei mendatang dalam bentuk Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Pasalnya, diharapkan penyaluran KUR ini bisa berkontribusi pada target penyaluran KUR tahun ini.

"Pas Januari sudah diputuskan. Proses, legal drafting, harmonisasi. Biasalah legal drafting butuh waktu, takut ada waktu bertentangan. April ini sudah bisa keluar Permenko. Paling mungkin Mei kali ya (diajukan)," tuturnya.

Hal ini dilakukan setelah pemerintah berhasil menyalurkan KUR untuk UMKM sejak 2007 hingga 28 Februari 2019 sebanyak Rp357 triliun di seluruh Indonesia. Penyaluran KUR ini merupakan salah satu upaya pemerintah membantu pembiayaan bagi UMKM dan mendapatkan respons yang baik dari pelaku UMKM.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga