oleh

Pemkot Akan Buat Fasilitas Penunjang di Terminal Jatijajar

Depok, Akuratnews.com – Setelah uji coba diresmikan, Terminal type A di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Jatijajar, Tapos, Kota Depok, langsung beroperasi. Peresmian dilakukan oleh Kemehub melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Pemkot Depok, Senin,(17/9/2018).
Pembukaan Terminal Bus AKAP ini, dilakukan oleh Walikota Depok Muhammad Idris dan Kepala BPTJ, Bambang Prihartono. Kesempatan itu, Walikota Depok, mengatakan akan menyediakan food court atau tempat lokasi makan di dalam area terminal.

“Tempat tersebut bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Peran Depok nanti ada retribusi dan ada perizinan dari pusat dan ada pemanfaatan ruang food court. Nanti dinas terkait yang bisa mengurus itu,” Kata Idris.

Idris mengatakan, terminal tipe A ini adalah kewenangan pemerintah pusat. Pemkot Depok memfasilitas lahan dengan penganggaran pembangunan terminal dan infratruktur jalan dari Kemenhub.

Menurutnya, melihat besarnya daya tampung terminal sangat memungkinkan dibuatkan foot court lantaran daya tampung bus bisa mencapai 200 unit. Nantinya tentu akan ada ribuan penumpang di terminal ini.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, uji coba Terminal Jatijajar ini masih dalam evaluasi pihaknya selama 1 tahun ke depan. Nantinya terminal ini juga akan dibangun dan terintegrasi dengan Tol Jakarta Bogor-Ciawi (Jagorawi).

“Hari ini oprasikan uji coba sampai akhir tahun, baru kita operasikan penuh selama setahun ini kita akan evaluasi terus sekalian selesai,” kata Bambang.

Uji coba itu dilakukan lantaran fasilitasnya masih belum sepenuhnya rampung dikerjakan. Saat ini baru ada satu jembatan yang digunakan sebagai pintu masuk dan keluar kendaraan.

Seperti diketahui, dalam perencanaan nantinya akan dibangun juga transit oriented development, setelah satu jembatan lagi selesai dibangun. Setelahnya terminal akan difungsikan secara penuh. (Eko)

Komentar

News Feed